Search and Hit Enter

Cara Merekam Suara Vokal dengan Ableton Live

Ableton Live, ini adalah software membuat musik favorit aku.

Untuk ini, aku ingin memberikan bagaimana merekam suara vokal di Ableton Live, walaupun kamu tidak memiliki alat yang professional, sesuaikan saja dengan headset yang kamu miliki. Menurut aku, Ableton bisa menyesuaikan apa yang kamu punya.

Aku ingin menyampaikan sebuah pesan untuk melanjutkannya. Jangan paksakan, jika kamu tidak menggunakan software Ableton. Karena ini hanya berlaku untuk pengguna yang baru membeli Ableton dan menguasai fitur — fiturnya. Jika kamu ingin menjadi produktif, berusalah untuk menggunakan lisensi yang asli. Itu akan mendorong motivasi kamu, untuk mendapatkannya.

Caranya gampang. Dari arrangement view, tempat untuk bereksperimen musik. Di situ terdapat audio track di mana ada sebuah tombol kecil dengan bentuk lingkaran paling bawah.

Tombol tersebut tidak langsung merekamnya, namun mengaktifkannya. Setelah menekan tombol tersebut, tombol itu berwarna merah dan tombol barisan Audio Track tersebut berubah menjadi lingkarannya artinya siap untuk merekam.

Pastikan kita memeriksanya terlebih dahulu mic-nya, apakah berfungsi dengan baik dengan melihat grafik bar di samping tombol tersebut, namun itu tidak mengeluarkan suara selama pemeriksaan, tidak ada alat output khusus di dalam tersebut.

Saatnya perekaman, tinggal menekan tombol lingkaran di antara barisan audio track, rekaman sudah mulai. Selama kita rekaman nanti, bakal ada grafik besar di bawahnya, untuk hasil rekamannya dalam bentuk visual. Selesai sudah.

Jika ada masalah terhadap rekaman, seperti mic headset tidak berfungsi. Coba periksa preferences atau settings dari Ableton, setelah itu bagian Audio. Di situ, komputer kamu memiliki sumber Audio Input lebih dari satu. Dan kita harus mencobanya, mana yang akan berfungsi dengan Ableton. Oh iya, sebenarnya mic yang terdapat di komputer, juga berfungsi.

Bagaimana masalah dengan suara jernih untuk vokal. Itu adalah hal yang relatif. Jika ingin mendapatkan suara tersebut, lihat sekitar kita, apakah ruangan sekitar sudah kelihatan sepi. Sebenarnya ada teknik khusus untuk memberikan suara jernih, namun itu tidak akan sempurna. Suara yang jernih, itu berasal dari sumbernya.

Rekaman di Ableton terbilang sangat instan, namun kaya fitur yang bisa kita manfaatkan. Dari memanipulasi suaranya, menjernihkannya, mencampuri dengan suara lainnya. Itu bisa kita gunakan dengan efek — efek dari Ableton.

No Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: