Search and Hit Enter

Perkembangan Game harus Dimanfaatkan

Aku tidak menyadari ternyata perkembangan game selalu meledak memberikan angka terhadap peminatnya.

Kini, game adalah salah satu kebutuhan, kita samakan saja dengan konten lainnya seperti musik. Buktinya ada di informasi Internet. Dunia telah memberikan banyak kontribusi terhadap game, setiap harinya, aku selalu mendengarkan orang berbicara apa saja mengenai game.

Inilah yang menyebabkan aku tertarik untuk membahas ini. Aku pernah menonton salah satu video dari Bloomberg mengenai dokumentasi e-sport atau kompetisi game terbesar setiap tahunnya, itu memberikan aku kesimpulan bahwa bisnis bidang game tidak akan matinya.

Revisi, Essay ini bisa ku katakan sedikit menghibur, memotivasi, karena bisnis game bisa saja tidak ada habisnya, barang kali Bloomberg News pernah membahas budaya game klasik Jepang kembali naik daun, Ebay merasa dapat banyak order produk konvensional ini.

Yang pasti itu karena sebuah hiburan. Siapa sih di dunia ini yang tidak butuh itu, semua orang membutuhkan hiburan. Aku berpendapat bisnis game juga tidak bakal mati ke depannya, namun meluas dan akan melahirkan sesuatu yang sifatnya bisa menjadi bisnis.

Dari era smarphone, kita lihat bagaimana game mobile bisa membuat investor teknologi tertarik untuk mengeluarkan uangnya, salah satunya game dari Angry Birds yang mampu memberikan inspirasi ke dunia dan mengubah para pengembang game cara berpikirnya. Di tambah dengan eksistensi dari Flappy Bird juga memberikan motivasi bahwa mobile game adalah kesempatan emas dalam bisnis game. Dengan ini pengembang game bertambah banyak angkanya dan lebih dari 50%, mereka fokus terhadap mobile. Uangnya lebih dekat dan resikonya juga berkurang.

Ini salah satu tahap yang menarik. Tahap kedua adalah tahap yang sedang dicicipi oleh dunia. Namanya termasuk baru terkenal, namun sudah lama di khayalan industri film. Virtual Reality bisa menjadi tahap yang menyenangkan. Definisi sederhananya, sebagai pemain game kita akan masuk ke dalam dunia grafiknya. Informasi yang aku simpulkan dari Internet, Virtual Reality kelihatannya kurang menarik untuk para gamer, namun para seniman yang suka bereksperimen dengan teknologi sepertinya menyukai inovasi tersebut, itu bisa menjadikannya ide lagi.

Kedua tahap tersebut adalah salah satu pengembangan game dari segi mengikuti teknologinya. Masih banyak komponen yang mempengaruhi perkembangan game. Aku ingin membahas salah satu komponen utamanya terlebih dahulu yang membentuk anak komponen lainnya, itu adalah Internet. Kita tidak akan pernah selesai jika membahas Internet, ilmu ini tidak akan habisnya. Internet selalu menjadi fondasi utamanya jika berkaitan dengan dunia game.

Internet adalah salah satu fondasi utamanya dari game, itu hal yang menarik bukan. Banyak aspek yang bisa kita manfaatkan bagaimana game menjadi berkembang karena Internet. Entah itu dari pengembangan game ityu sendiri, atau memanfaatkan sesuatu dan mengubahnya menjadi mesin uang. Anak komponen dari Internet itu, jika dibahas, aku pikir bisa menjadi satu buku dan judulnya aku berikan dengan ‘kekuatan internet terhadap industri game’.

Sebenarnya sih aku hanya ingin membahasnya dari aspek Internetnya saja, namun bagiku tidak terlalu penting, karena orang sebagai pengguna Internet aktif tahu apa yang mereka berkat perkembangan game yang bisa demikian. Dari mereka yang berjam — jam lama di depan layar berhubung dengan game online hingga menulis kilasan tentang game terbaru. Orang sudah biasa mendengar tersebut. Dan itu membuat aku terkesan, Internet telah melahirkan sebuah profesi yang berhubungan dengan game.

Keren bukan, bagaimana Youtube bisa melahirkan potensi dari pemain game, bahkan mereka bisa menjadi artis terkenal dengan gaya masing — masing dan mungkin setiap beberapa minggu itu melahirkan para gamer yang mencoba untuk mengikuti jejak lainnya.

Jika dunia game memiliki budaya dalam saling interaksi atau bahasa secara tidak langsungnya setiap komponen memiliki komunikasi, berarti mereka telah memajukan bidang itu sendiri. Ya secara aktifitasnya, aku memiliki contohnya.

Misalnya saja, kamu seorang pengembang game, selesai dengan proyeknya, setelah itu mereka butuh pasar. Mereka memilih tidak mau mengambil resiko dengan memasang iklan di Internet, akan tetapi mereka memiliki teman yang suka menulis blog tentang game di bidangnya dan membuat video game demonya, ratingnya juga lumayan. Si pengembang akhirnya mengirim data game tersebut kepada gamer tersebut, dan hasilnya si pengembang mendapatkan hasil sesuai dengan targetnya dan gamer tersebut juga mendapatkan rating yang kuat. Mereka sama — sama saling untung bukan. Itu adalah komunikasi antara komponen dalam game.

Tidak sekedar dunia hiburan dan menyelesaikan petualangan mengalahkan musuh besar. Gamer sejati memanfaatkan bagaimana Internet menyediakan peluangnya, pekerjaan seperti ini sangat menikmati lho dan juga menantang pastinya. Dari komponen — komponen yang aku jelaskan tadi, kamu harusnya memiliki salah satu bagaimana memanfaatkan game dari hati kamu sendiri.

Jika kamu seorang gamer yang suka menulis memberi kelemahan atau kelebihan dari game yang mainkan, kamu bisa luangkan waktumu dengan menulis blog tentangnya. Jika kamu seorang gamer yang juga suka membuat game, dapatkan inspirasi atau idenya dan kembangkan menjadi lebih baik atau hubungkan dengan kategori lain. Jika kamu seorang gamer yang mahir dalam berkomunikasi dan biasa di depan kamera, manfaatkan dengan memberikan alur atau jalan game tersebut dalam bentuk video dan masukannya ke Internet. Sederhana bukan teorinya, tinggal menjalankannya.

Gamer sejati memanfaatkan waktunya dengan baik.

Hanya karena game, sudah berapa banyak profesi yang dilahirkannya belum lagi di tambah dengan Internet. Kalau di hitung mungkin lebih dari sepuluh. Jika di bagi, menjadi dua tipe, berupa orang — orang yang membuat game dan orang — orang yang menikmati game.

Belum lagi, dengan kehebohan kompetisi besar setiap tahunnya. Pertandingan besar permainan DoTA dengan hadiah lebih dari 100 juta secara internasional. Hal seperti ini yang membangun sebuah fondasi bisnis lagi dengan memanfaatkan event — event tersebut.. Persiapannya saja juga tidak main — main, bahkan mereka harus tinggal di asmara dengan pengawasan khusus mengenai latihannya. Dan itu menambah bidang olahraga, ya hampir satu jenis dengan catur.

Tingginya perkembangan game, sebagai gamer seharusnya mengerti dengan kondisi tersebut dan memanfaatkannya, hanya itu saja penyampaian konsepnya. Dan kamu juga yang menikmatinya secara bersama.

No Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: