Cara Membuat Sticker LINE

Oke hari ini aku akan memberikan cara membuat Sticker untuk aplikasi chat LINE, LINE kini memberikan peluang kepada desainer atau orang — orang yang suka menggambar untuk mengupload gambar — gambar stikernya ke LINE.


Karena potensi atau peluangnya banyak untuk menjual stiker di LINE dan aku sendiri pernah berpengalaman membuat Stiker LINE. Aku akan memberikan cara dan tipsnya yang bermanfaat.

Ide dan Konsep.

Setiap karya pasti selalu dimulai dengan mencari konsepnya, carilah ide yang menurut teman itu sangat beda dan kreatif, kalau bisa langsung saja lakukan corat coret di kertas supaya lebih yakin lagi dari konsep itu. Oh iya, dari prosedur LINE, kita harus membuat 40 stiker, tidak lebih dan tidak kurang. Jangan asal mendapatkan ide juga ya, kita harus ikuti peraturan LINE juga untuk tata krama dan tata cara, jangan sampai stikernya itu menghina orang lain atau melecehkan, atau menjelekkan siapa pun deh, untuk lebih lanjutnya ada di Guidlines LINE.

Saatnya menggambar

Setelah mendapatkan ide yang cemerlang, minimal teman sudah punya sepuluh gambar untuk setiap stiker, karena untuk gambar — gambar berikutnya, teman bisa tinggal memodifikasi saja bentuk atau ekspresi wajahnya agar menghemat waktu. Jika tidak, teman bisa juga membuatnya dari nol, mungkin teman ingin gambarnya beda — beda banget, supaya lebih keren. Teman — teman sebenarnya bisa langsung gambar di komputer, jika teman sudah punya pengalaman banyak, tapi rekomendasi aku, gambar saja dari kertas dulu, ini juga menghemat waktu agar tidak banyak mikir setelah di depan komputer. Untuk menggambar di komputer, kamu bisa menggambar di software apa saja, seperti Adobe Illustrator, Corel Draw atau yang gratisan ada juga GIMP, kalau sudah punya manfaatin software dari ketiga itu dengan fitur — fitur terbaik yang diberikannya, gambar anda pasti hasilnya bagus.

Buka dan ikuti prosedur LINE


Setelah gambar teman — teman selesai dengan 40 stiker, saatnya kita mengikuti peraturan dari LINE sebelum menguploadnya, fungsinya untuk menjaga kualitas gambar dan kualitas LINE-nya juga. pertama kita buka LINE Creators Market (http://creator.line.me), website ini khusus buat para pembuat stiker, setelah itu buka tab Guidelines yang ada di menu utama.

‘Main Image’

‘Sticker Images’

Di halaman Guidelines, kita lihat berapa ukuran yang diminta oleh LINE, — pertama, untuk tampilan ‘Main Image’ yang ada di Line Store, kita harus menggunakan ukuran dengan W (Width) 240 * H (Height) 240. Untuk pemberian nama gambar gunakan ‘main.png’.

Kedua, ukuran ‘Sticker Image’ kita harus menggunakan ukuran dengan maksimal W (Width) 370 * (Height) 320, untuk yang ini kita tidak boleh terlalu minimal juga ukurannya. Untuk pemberian nama gunakan angka dua digit seperti ini ‘01.png 02.png 35.png’ sampai ke angka 40. Ada rekomendasi dari LINE, untuk ‘Sticker Image’, kamu harus memberikan celah atau space antara gambarnya dengan pinggiran ukuran, seperti gambar di bawah ini.

‘Chat Room Tab Image’

Ketiga, ukuran ‘Chat Room tab Image’ kita harus menggunakan ukuran dengan W (Width) 96 * H (Height) 74. Untuk pemberian nama gunakan ‘tab.png’.

Maksimal ukuran file adalah 1 MB, untuk tipenya PNG.

Daftar LINE Creators dan Mengupload


Oke, kita sudah menggambar, terus menyimpan gambar finalnya dengan tipe gambar yang direkomendasikan, sekarang kita harus buat Akun LINE Creator dulu sebagai profil anda, profil ini tidak hanya teman mengupload stiker saja, kita nanti juga bisa melihat statistik penghasilan dan berapa banyak yang download stikernya. Langsung saja, kita buka halaman My Page, oh iya kita tidak perlu mendaftar lagi, kita langsung saja sign in dengan akun chat LINE kita, langsung saja masukkan, usahakan akun anda sudah berintegrasi dengan e-mail, jika tidak teman harus mengubah settingnya yang ada di aplikasi LINE.

Ada tombol hijau besar yang berisi tulisan ‘New Submission’, tekan saja langsung, setelah itu anda akan dibawa ke halaman berisi formulir untuk mendeskripsikan Stiker kita, isi lengkap yang diwajibkan, jika ada yang diminta options (tidak wajib) anda bisa membiarkannya kosong atau isi, setelah lengkap data yang kita masukkan, tekan tombol hijau dengan tulisan ‘Save’. Setelah menyimpan, anda akan melihat informasi — informasi stiker anda, terus, saatnya mengupload gambar dengan menekan tab tulisan ‘Stiker Images’. LINE punya dua cara untuk mengupload gambar, pertama kita mengupload gambarnya secara manual yang berisi angka dan tulisan seperti tampilan kalendar, kedua kita menggabungkan stiker — stikernya dengan file ZIP, jika teman tidak tahu tidak tahu file ZIP, kita uploadnya secara manual saja, walaupun banyak memakan waktu.

Check dan submit

Setelah memasukkan data dan mengupload, cek — cek dulu, dari prosedurnya, terus data — datanya, ukuran filenya, setelah di cek dan memenuhi syarat, saatnya menekan tombol ‘submit’ yang berada di atas sebelah kanan dengan berwarna hijau, akhirnya selesai juga.

Setelah submit stiker, stiker teman tidak langsung ada di LINE Store-nya, kita harus menunggu untuk di review stiker kita, jika stiker kita tidak memenuhi prosedur atau syarat dari LINE, stiker kita bakal tidak diterima dan waktu untuk menunggu ini tidak sebentar, jika trafiknya lagi ramai mungkin bisa menunggu satu bulan lebih.

Catatan penting, untuk penerimaan uang hasil penjualan. LINE menggunakan pembayaran Paypal, jika belum punya, teman — teman harus punya dulu, kalau sudah punya teman — teman tinggal isi email paypalnya di halaman settingnya.

Aku punya beberapa di LINE, ada satu mengenai momen di bulan ramadhan dan profesi pilot dari saudaraku. Ini sudah cukup banyak menghasilkan lebih dari satu juta. Yang paling penting ekspresif dan semakin lucu akan makin menarik. Kualitas dan ide kreatif harus diperhatikan ya.

Semoga bermanfaat.. 😀