Data Pengguna adalah Modal Bisnis Internet Utama

Kamu adalah pelanggan baru dari tempat belanja online, kamu tertarik untuk melihat — lihat produk Smartphone.

Kamu mencari produk — produk tersebut, namun kamu sebagai pembeli sering membandingkan harga untuk mendapatkan yang terbaik dan kualitas terjangkau. Karena beberapa belanja online memiliki penjual berbeda. Jika tidak sesuai rencana, kamu pun juga butuh alternatif kan.

Kamu melakukan strategi seperti ini sebagai cara terbaik dalam belanja online. Namun, pertanyaan muncul. Bagaimana peran belanja online tersebut untuk membantu pengguna. Di sini awal titik kita untuk membahasnya.

Ternyata selama kamu mencari pilihan produk Smartphone tersebut, ada rekomendasi dari belanja online yang sesuai dengan pilihan kamu. Kenapa mereka tahu apa yang ku inginkan, bahkan mereka bisa memberikan kamu solusi dengan rencana kamu.

Sebagai pengguna Internet yang sedang menggunakan jasa di sana. Berarti kamu sudah menyetujui apa yang jasa tersebut inginkan. Secara spontan, internet memberi tahu apa yang sedang kamu butuhkan sesuai dengan identitas, aktifitas sehari — hari dan interaksi sosialnya.

Hampir semua bisnis internet memiliki fitur ini secara privasi. Facebook dan Google adalah contoh pemeran yang paling handal soal ini. Apalagi mesin uang mereka terdapat dari komponen ini untuk iklan mereka. Apa yang kamu lakukan dengan fitur mereka akan terbaca secara detail, jangan terkejut jika identitas kamu terbuka luas di internet, tidak ada lagi namanya sebuah kata rahasia di sana.

Soal rahasia, internet memiliki pandangan baru. Orang — orang pengguna sosial media ternyata terbuka terhadap rahasianya. Facebook tahu ternyata kamu suka musik grup perempuan dari Jepang seperti AKB48, itulah kenapa ada halaman yang merekomendasikan kamu grup jepang lainnya. Google tahu kalau kamu suka fashion bergaya eropa, itulah sebabnya setiap kamu menggunakan Google, ada saja iklan yang mengerti tentang gaya kamu. Itulah kenapa beberapa orang internet menganggap pengguna adalah produknya mereka.

Ini termasuk hal yang normal. Namun, banyak juga orang — orang yang menegakkan privasi mereka dalam Internet. Secara teknis, sudah banyak aplikasi yang bisa melindungi kamu dari penggunaan identitas pengguna. Salah satu yang paling terkenal adalah Adblock, memblokir halaman iklan. Beberapa pandangan mengatakan ini adalah pemanfaatan secara diam — diam.

Semakin canggih Internetnya, semakin sulit kita untuk menjaga rahasia kita dan kadang hal tersebut hanya berasal sebuah tombol dengan link

Memang dalam dunia bisnis, seorang pelaku bisnis harus mengerti lingkungan sekitarnya apakah potensinya ada atau tidak, selain itu mereka harus tahu apa yang konsumen butuhkan sekarang. Itu sudah dari dasar rumus mereka. Internet, salah satu teknologi yang paling tepat untuk menerapkan rumusnya, tanpa perantara. Dengan ini, pengguna hanya meninggalkan jejak dari link apa yang diaksesnya, lalu apa yang dilakukan di bagian mesin pencarinya.

Jika kamu tertarik dengan bisnis online yang melibatkan hal ini, saranku jangan menyalahgunakan untuk hal — hal pribadi. Masalah tersebut bisa membawa kamu ke pengadilan. Sebagian besar, pengguna internet aktif belum tahu tentang ini. Jadi, itu kelihatan normal saja.