Cara Lengkap Beriklan di Facebook Adverts

Beriklan di Facebook sudah menjadi awal cerita yang bagus untuk menemukan potensi bisnis di dunia sosial media. Kini, apakah kamu sudah siap untuk menjadi bagian cerita tersebut?

Mudah dan Efektif beriklan di Facebook — Kicikku

Aku sedang mencari cara bagaimana mengembangkan tulisan yang sederhana namun efektifias untuk membagikan tutorial ini. Facebook memiliki fitur yang kaya untuk memudahkan bisnis kita.

Karena yang sedang kita bicarakan ini adalah potensi yang tidak perlu ditungguin lagi, apalagi kalau ini berkaitan menuju pintu masuk dunia sosial media bisnis, apalagi penggunannya juga paling banyak di Indonesia. Jadi pembahasan ini harus jelas dengan tujuan yang aku berikan terhadap pemanfaatan iklan Facebook dengan menyusun kerangka jelas, tidak hanya secara tekniknya, namun juga memberikan nilai lebih terhadap dampak positifnya.

Pertama, kamu bisa langsung membawa pemirsa berinteraksi dengan penawaran bisnis kamu, seperti menambah kunjungan ke website dan halaman produk.

Dari Facebook akun pribadi, kamu langsung saja ke tab Kelola Iklan (Harus login terlebih dahulu). Di sini, kamu akan diperlihatkan fitur apa yang bisa digunakan, ada berbagai pilihan yang berada di Marketing Objective setelah kamu menekan ‘Buat Iklan’.


Terdapat tiga pilihan rekomendasi iklan

  1. Kesadaran — Sebelum menggunakan pilihan ini, kamu sebelumnya harus memiliki Facebook Page sebagai identitas brand kamu untuk mengambil tindakan pesan marketing secara bertahap
  2. Pertimbangan — Lebih ke spesifik kepada para pemain bisnis yang sedang menggunakan fitur Facebook lainnya dan memanfaatkannya.
  3. Konversi — Langsung berhubungan dengan penawaran bisnis kamu dan Facebook telah menyusun kategori sesuai modelnya.

Kamu harus tahu, bagaimana mungkin pemirsa mengenal jelas pesan marketing bisnis kamu sesuai dengan minat, lokasi yang tepat dan identitas mereka?, Facebook memberikan kemudahan tersebut, misalnya jika kamu sedang menjalani bisnis lokal dan sasarannya hanya satu kota, Facebook akan memberitahu berapa populasi pengguna Facebook yang aktif. Selain itu, umur mungkin diperhatikan untuk keseleraan penawaran bisnis.


Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, saatnya mengikuti minat para pemirsa sesuai yang kamu tawarkan. Usahakan secara spesifik tidak seperti contoh gambar di bawah yang hanya berkategori Bisnis, Desain dan Teknologi. Minatnya bisa saja berkategori umum, namun minat yang dipilih harus secara detail sesuai dengan produk / jasa yang ditawarkan. Jika minatnya desain, itu bisa saja menjadi desain grafis, desain produk atau desain industri.

Setelah itu simpan profil pemirsa tersebut, mungkin akan dipakai kembali untuk pemesanan iklan berikutnya.


Selanjutnya, kita sudah menemukan identitas yang sesuai dengan potensi kita. Sekarang, kita bicara soal anggaran. Berapa investasi iklan Facebook yang akan kamu keluarkan, semakin besar pengeluarannya semakin luas jangkauannya juga. Terus, tetapkan jadwal apakah itu pesan brand kamu hanya mengikuti suatu momen atau berjangka panjang setelah meluncurkan produk baru.


Kini penyesuaian dengan karakteristik iklan. Facebook memiliki peraturan dan kebijakan dan akan menyesuaikannya dengan iklan yang akan diluncurkan, Facebook bisa mendeteksi apakah iklan tersebut telah mengikuti syaratnya atau tidak. Contohnya, banyak tulisan yang terdapat di gambar iklan mungkin tidak direkomendasi oleh Facebook.



Semua tahap sudah kita selesaikan, saatnya melakukan transaksi. Ada berita bagus untuk pengguna Facebook Indonesia, bagi yang tidak memiliki kartu kredit atau debit online. Kamu bisa pakai sistem isi saldo, dengan Bank Transfer.

Akhirnya selesai, iklan bisnis kamu di review terlebih dahulu oleh Facebook selama 1 jam kurang atau lebih dan akan berjalan sesuai dengan jadwalnya. Kamu bisa melihat status dan performanya bagaimana di bagian halaman utama atau dashboard, secara rinci bagaimana pengguna melihat dan berinteraksi dengan penawaran kamu.

Pengalaman tersebut juga akan memberikan strategi marketing ke depan. Barang kali, kamu akan meluncurkan


Kedua, kamu ingin menjaga hubungan konsistensi para pemirsa dengan membuat Facebook Page bisnis terlebih dahulu. [Rekomendasi]


Cara kedua ini bagi kamu yang sudah memiliki Facebook Page dan ingin meningkatkannya, prosesnya hampir sama dengan cara pertama. Akan tetapi, pembawaannya lebih instan. Karena kamu bisa mengetahui bagian mana yang kelihatannya tidak ada perkembangan, sehingga ingin dipacukan hal tersebut.


Facebook sudah menulis ribuan cerita tentang kesuksesan penggunannya terhadap bisnis mereka di Facebook. Dan Selanjutnya, bisnis kamu yang harus jadi bagian cerita tersebut. Kamu bakal menemukan prospek dan tidak akan mengira — gira kalau transformasi bisnis digital benar — benar bisa mengubah cara kamu menjalankannya. Facebook selalu siap untuk menghadirinya.

[Tutorial ini akan diubah secara berkala]