Bagaimana Kontribusi Desainer Terhadap Masa Depan?

Dunia penuh dengan cerita ketidakstabilan, bagaimana pemeran, pemburu dan pemikir inovasi seperti desainer menulis cerita tersebut?, jika kebahagiaan memiliki arti yang berbeda.


Peran desain terhadap permainan bisnis, memiliki hampir segala faktor, dari cara berkomunikasi hingga berinovasi. Jika yang diyakini sekarang adalah penempatan visual untuk berkomunikasi dalam mengajak, mempengaruh ataupun dunia marketing.

Namun di masa yang akan datang Desainer adalah profesi pemikir dalam mengembangkan ide di setiap pengambilan keputusan. Desainer bisa saja menjadi pemimpin, manager, strategist, analyst atau yang bersifat kritik. Desainer melengkapi dari menjawab pertanyaan dari ‘cause’ dan ‘impact’ untuk mempersatukan prosesnya dan menerapkannya dalam pengembangan inovasi. Ini mungkin bersifat fundamental di masa depan.

Sekilas mengenai ide dalam pengembangan bisnis, menurutku itu berasal dari ikatan emosi dan passion kita terhadap apa yang sedang kita hadapi. Masih berpihak kepada diri kita sendiri, selain itu ide belum tentu berdasarkan apa yang orang — orang butuh-kan saat ini, maka dari itu pengembangannya kadang mengesampingkan dengan petunjuk, wawancara beberapa orang dan feedback atau kritik.

Maka dari itu, walaupun desainer selalu menjadi penanggung jawab dalam memburu ide, bukan berarti mereka orang — orang kreatif. Orang kreatif adalah orang yang terbuka terhadap perbedaan untuk belajar secara emosional dalam menantang dirinya sendiri. Lihatlah bagaimana masa depan akan menyiapkan produktivitas manusia, apakah ini sebuah ancaman atas teknologi menggantikan pekerjaan kita, atau tantangan yang ternyata menyadari kita bahwa manusia kreativitas-nya bakal diremehkan, karena kenyamanan kita terhadap menggunakannya?

Di setiap perusahaan teknologi setidaknya mereka memiliki satu tim desain untuk menyusun kerangka inovasi dari teknologi tersebut. Kadang teknologi tidak bagus efeknya untuk kehidupan kita, namun itu sangat bagus untuk kehidupan mereka. Apa yang aku pikirkan sekarang adalah dari pertanyaan ini, bagaimana desainer memperkenalkan platform tersebut agar penggunanya terus bertahan agar efek bisnis kita terus berkembang pesat.

Ada dunia yang berbeda di sini, kedua dunia ini sama menghadapi stabilitas masa depan. Jika pertanyaan tadi diterapkan ke pengembangan bisnis mereka, itu adalah pertanyaan titik masalahnya sangat efektif telah didapatkan, tinggal bagaimana desainer menyusun ceritanya agar pertanyaan ini terus menuju titik solusinya. Kedua, pertanyaan ini terletak bahwa teknologi tidak ada namanya kontribusi lagi sama sekali untuk berinovasi, bahkan merusak. Karena satu fondasi ide mereka sudah dimanipulasi untuk menyenangkan bisnis mereka.

Aku tidak tahu lagi bagaimana mendefinisikan kata ‘inovasi’ lagi, yang jelas desainer memiliki sikap ketertarikan mereka terhadap budaya sekitarnya berbeda — beda, kemanusiaaan, menerapkan visi — misi bisnis mereka ataupun kepedulian.