Search and Hit Enter

Cara Membuat Sticker iMessage iOS 10 dan Menjualnya

Salah satu fitur terbaru dari iMessage, Sticker Pack, bisa menjadi kesempatan baru untuk para kreator, illustrator atau designer.



Setiap tahun Apple memperkenalkan fitur — fitur terbaru dan membuka kesempatan dengan memanfaatkannya untuk para creator dan developer. Dan salah satunya, aplikasi iMessage dengan fitur sticker.

Tapi sebelumnya, Untuk membuat sticker iMessage dan menjualnya nanti lancar, lihat terlebih dahulu syarat — syarat berikut ini:

  • Komputer atau laptop bersistem Mac dan terpasang aplikasi Xcode
  • Terdaftar lisensi Apple Developer Program <- Syarat wajib untuk menjualnya

Jika sudah memenuhi syarat ini, kamu sudah bisa melakukannya.

Klik ‘Create New Xcode Project’ -> ‘Sticker Pack Application

Pertama, buka aplikasi Xcode — klik ‘Create New Xcode Project’ dan di pilihan tipe Application iOS, klik ‘Sticker Pack Application’.

Sticker Sizes – Source: Apple

Sebelum memasukkan sticker, ada tiga tipe ukuran berbeda yang disyaratkan oleh Apple. Tiga ukuran ini juga akan berbeda ketika pengguna menggunakannya, tapi ini sebenarnya tempat penyesuaian juga dengan konsep sticker kamu.

Mungkin kalau berkonsep emoticon atau yang tidak banyak mengambil ruang, itu berarti gunakan tipe ukuran kecil (Small size). Kalau, sticker itu banyak ekspresi atau objek kecil yang harusnya kelihatan dan banyak menggunakan ruang, mungkin itu tipe ukuran besar (Large Size).


Memasukkan sticker dari Finder langsung ke Xcode — Kicikku

Kembali ke Xcode, Sudah masuk ke bagian proyek tersebut, klik folder Stickers.xcstickers, klik lagi folder ‘Sticker Pack’ untuk memasukkan gambar sticker-nya. Tidak ada minimum ataupun maksimal berapa banyak syarat stickernya, tapi aku sarankan sebagai komersialnya minimal 10 sticker atau 5 sticker, jika itu nantinya gratis.

  • 58 x 58 px -> icon-settings-58×58@2x.png
  • 87 x 87 px -> icon-settings-58×58@3x.png
  • 64 x 48 px -> icon-messages-transcript-32×24@2x.png
  • 96 x 72 px -> icon-messages-transcript-32×24@3x.png
  • 120 x 90 px -> icon-messages-app-iPhone-60×45@2x.png
  • 180 x 135 px -> icon-messages-app-iPhone-60×45@3x.png
  • 134 x 100 px -> icon-messages-app-iPadAir-67×50@2x.png
  • 148 x 110 px -> icon-messages-app-iPadAir-74×55@2x.png
  • 54 x 60 px -> icon-messages-app-27×20@2x.png
  • 81 x 60 px -> icon-messages-app-27×20@3x.png
  • 1024 x 768 px -> icon-messages-app-iOSMarketing-1024×768.png

iMessage App Icon — Kicikku

Berformat PNG (Rekomendasi) atau JPEG dan ukurannya harus sesuai dengan di atas, karena begitu kita memindahkannya / drag langsung dari Finder, Xcode bisa mendeteksi ukuran dan menempatkannya. Jika ada yang masih kosong, tinggal sesuaikan saja.

Percobaan sticker iMessage dari iPhone Simulator — Kicikku

Saatnya mencoba, langsung di aplikasi iMessage dari iPhone Simulator. Hasilnya bise memperlihatkan dampak dari tiga tipe ukuran tersebut. Kamu bisa drag sticker tersebut dan tempel setiap bagian obrolannya.


‘New Sticker Sequence’ untuk Sticker ber-animasi — Kicikku

Selain itu, jika memiliki sticker beranimasi, iMessage juga mendukung. Di bagian Sticker Pack dari Xcode, di ujung bawah kiri ada tombol ‘+’ dan klik ‘New Sticker Sequence’.

Nanti ada muncul kolom kosong tersedia di situ. Karena sticker beranimasi ini menggunakan sistem Frame secara manual, kita harus meletakkan setiap gambar frame-nya di grup sticker sequence tersebut. Mungkin maksimal dua detik dengan 15 fps. Ada cara lain juga sebenarnya, sticker beranimasi sudah harus ber-format APNG atau GIF, terus langsung pindahkan saja ke Sticker Pack.


Bagaimana menjualnya ke App Store?

iTunes Connect Submission App (Programmer’s Expressions) — Kicikku

Sebelumnya untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus memiliki syarat kedua tadi, lisensi Apple Developer Program. Jika sudah terpenuhi, kamu bisa mengunjungi itunesconnect.apple.com dan ikuti prosedurnya. Aku tidak akan melanjutkan secara detail untuk pembahasan ini, tapi kamu bisa menanyakan hal ini di bagian komentar, jika memang ingin dikomersialkan


Sengaja aku memberikannya sedikit lengkap, karena ini tidak hanya berlaku untuk pengembang aplikasi, tapi berlaku kepada semua kreator, ya walaupun syaratnya agak menyusahkan.

Oh ya, sticker — sticker yang ada di tutorial ini, sudah aku rilis di App Store. Di-download ya. :D — Programmer’s Expressions on App Store


By Firas Rafislam is tech strategist, designer, instigator in developing tech experience for inner and outer digital biz or business prospective, he’s also passionate discovering idea in design thinking. He was Freelance iOS Developer. Kicikku is his collective experimental ideas and essays platform.

No Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: