Prinsip Menghasilkan Objek Misteri

“Good design helps us to understand a product” — Dieter Rams

 

Benar ini masalah relativitas dan siapa yang menikmati nya, desain memberikan berbagai arah dan dari semua sudut yang diberikan. Dari demikian, ada satu sudut memiliki suatu arah cara menikmati proses nya dan juga cerminan, hasilnya adalah objek misteri.

Objek misteri beruntun ternyata petualangan, tanpa terlihat, hanya disadari logika dan kreativitas, terlihat sebenarnya jika ada yang ingin menyampaikan sebuah cerita. Cerita itu pun bersifat kebingungan, penuh pertanyaan, jawaban nya hanya yang bisa menyesuaikan objek misteri tersebut.

Desain diutamakan dalam membuat sesuatu, karena cara menikmati proses nya. Proses tersebut bahkan menghitung ukur kualitas nya, ujung dari proses tersebut secara tidak sengaja membentuk objek misteri. Entah itu industrial ataupun abstrak di suatu budaya, komunitas, ekosistem ataupun bidang. Dianggap misteri, ternyata orang yang berpandang pertama tidak instan untuk menangkapnya, butuh penyesuaian, kenapa demikian, apakah orang tersebut memang harus menstresskan diri nya untuk berperasaan sama dengan objek tersebut, sehingga berangsur misteri itu akan hilang, jika ada kesadaran terhadap pikiran nya beserta orang — orang sekitar.

Desain dijanjikan untuk menyederhanakan sesuatu, terbentuk solusi karena inovasi, kepribadian luar penuh pesona karena emosi seni dan mengenyangkan juga jika objek misteri itu mengakhiri cerita nya.

Apa alasan tujuan tersebut?, kenapa sebagai objek misteri, dalam bidang apapun. Penerapan desain untuk belajar berkomunikasi dan mengerti dari apa yang orang atau masalah butuhkan untuk menjadi solusi suasana atau strategi baru, benar dibutuhkan dari pengembangan nya. Sehingga, saling membaca kondisi dan mendukung satu sama lain menciptakan kebersamaan, atas mahakarya nya nanti.

Mungkin inti dari sini tidak demikian sebuah ego..


Kemarin, saya mengunjungi portfolio desain industri ternama dari Inggris, Marc Newson, bidangnya sudah banyak mempengaruhi brand — brand ternama, kolaborasi nya dengan Jony Ive, desainer Apple, mengembangkan Apple Watch.

Apa yang dikembangkan oleh Marc Newson, standarisasi terhadap klien nya, menciptakan suasana dimana brand merasa ada pandangan baru terhadap produknya, awalnya ingin menyatukan persamaan standarisasi atau prinip. Semua nya tergantung dengan misteri terciptanya untuk menghilangkan pesat, agar desain diapresiasikan oleh emosi seni juga membantu untuk mengerti objek tersebut.

Misteri berarti, tidak semua orang bisa menyimaknya, mempermainkan pikirannya dari maksud objek tersebut. Proses mendesain nya, berarti masa proses, misteri mengharapkan pemicuan kebingungan dan pertanyaan, elemen yang dipersatukan menulis sebuah cerita. Bukan misteri jika itu berpendapat sebuah jawaban atau pernyataan. Misteri ada karena dilatih untuk mencoba hal baru.

Misteri bisa menghasilkan inspirasi kedudukan lainnya, terbuka untuk menerima suatu pandangan.

Ketika memulai desain nya, desainer mungkin suatu saat harus membiasakan cara melihat suatu yang jelek. Mungkin juga, kepribadian objek yang terbiasa terlihat mempesona menjanjikan, bisa saja hanya halusinasi semata di depan publik.

Pertanyaan nya, kenapa demikian?. Dari kebanyakan artikel desain ku baca, persepsi keterkaitan antara desain dan teknologi menciptakan dua dunia pemikiran berbeda.

Kiprahnya, teknologi menggairahkan kehidupan kita dan desain adalah jembatan perhatian terhadap nya, di sisi ini prosesnya mencerminkan untuk bersatu dengan bagian kehidupan pengguna, menyatukan teknologi bukan sekedar konsumsi belaka, tapi mempermudah, efektivitas atas kesederhanaan.

Sayangnya, sisi ini tidak dilindungi oleh objek misteri, pengguna begitu dimanjakan, terlalu gampang untuk ditebak, semua sudah bisa diprediksi, bahkan ada yang merasa bertanggung jawab dengan yang diberikan oleh teknologi, bagian dunia ini kelihatannya tidak membentuk konflik, saling bermuka dua antara pengalaman teknologi dan pengguna nya, sayangnya proses desain ini sudah populer, sejak lahirnya Startup.

Keterkaitan ini tidak membentuk konsistensi.


Dunia satunya, aku terinspirasi oleh studio desain bernama Punkt, salah satu produknya berargumen dengan media digital sekarang dan juga memberikan dampak bermanfaat atas penasaran pengguna nya.

Studio ini mengembangkan hape sederhana, fiturnya hanya diisi dengan layanan telfon dan SMS, tapi dibalik desain ini merasa ingin mengutarakan budaya seharusnya, mengembalikan kebiasaan semula, apalagi kebiasaan sosial sehari — hari.

Banyak artikel dan buku — buku tentang kritik teknologi telah mengumpulkan berbagai fakta, upaya menghasilkan cara instan berarti membantu ikut malas pikiran kita, tidak ada penghayatan atau pun melebihi buruknya menonton televisi.

Kesadaran desainer — desainer Punkt ini, sudah menganehkan cerminan orang — orang, dibalik semua itu, inovasi nya membentuk ketidaknyamanan, seperti memperhatikan diri sendiri, ada prioritas yang ternyata seharusnya dikerjakan.

Ternyata yang ku bayangkan selama ini kebanggan teknologi untuk menciptakan inovasi, diperbuat dengan ekspresi rasa punya, elegan, canggih dan dikira yang berlebih memiliki nilai tambah.

Dan ternyata juga, inovasi haruslah diperberat, inovasi tetap dipermainkan oleh manusia, bukan objek mempermainkan manusia. Dan kira — kira desainer ternyata mengalah juga dengan sekitar seperti ini, apa yang disampaikan para innovator teknologi, menjadi pemilahan terlebih dahulu baginya, tidak semua kemungkinan bisa menikmatinya dan waktu sudah memilihkan kebutuhan nantinya serta keterbatasan, untuk teknologi bisa berkecimpung.

Contoh tadi, hape Punkt tersebut, lebih menonjolkan inovasi dalam bentuk membetulkan sosial yang coreng, sebuah kebiasaan natural yang tidak bisa dibiarkan, inovasi ini ingin membuka lembaran baru. Apakah ini memiliki syarat yang tidak sengaja untuk mendapatkan objek misteri?, menciptakan dengan rasa syukur, tidak melebih — lebihkan siapa paling menonjol.


Objek misteri ternyata juga menyenangkan, kreativitas dan logika ditantang oleh elemen mereka, jika kamu bertanya — tanya, berarti desainer tersebut telah berhasil membuat kamu penasaran. Namun, ketika pengguna sebagian meremehkan dan kelihatannya tidak asing baginya, desainer tersebut belum bisa meningkatkan stress pikiran mereka.


Semua tujuan dibalik objek misteri adalah desain ingin menantang para penikmatnya untuk menyadari, berpikir, melatih pemikiran kita, apa dampak nanti nya, ilmu — ilmu sekitar dijadikan satu menjadi karya desain dan hasilnya juga kembali ke kita, akankah itu cocok dengan ketertarikan kita, akankah kebutuhan tersebut masuk ke daftar aktivitas kita, akankah selama ini desain mu sudah memotong beberapa tanggung jawab baginya.