Internet dan Komitment

Bisa memalukan oleh internet

Internet tidak mengajariku bagaimana berkomitment, namun internet menumbuhkan ku untuk melakukan sesuatu baru, banyak potensi beredar di mana — mana telah mendorongku untuk gabung melakukannya. Di tengah jalan, itu tidak akan berlaku jika ada komitment.

Aku mengkritik diriku sendiri, setiap hari tidak ada waktu untuk konsisten untuk suatu hal, kadang masalah selalu ingin datang dari mental hingga finansial menghalangi apa yang ku inginkan, dengan itu aku tinggalkan proses tersebut karena menemukan hal baru yang di inginkan.

Malu dan kalah dengan internet, padahal internet sudah memberikan lebih dari dibutuhkan, bahkan aku membagi nya ke mereka di awal jalan, cerita kecil ini sedang menjadi masalah produktivitas ku, apalagi kepribadian independen, sangat susah untuk mengembalikan jati berlanjut panjang.

Bidang ku fokus ke dunia desain dan seni, biasanya berbulan — bulan untuk menyelesaikan karya besar, selama perjalanan inilah komitment harus ditumbuhkan dan dirawat secara berkala, bagimana makanan dan minuman nya, pupuk apa yang harus ku bawa, matahari panas atau kondisi lembab untuk mempertahankannya. Jika tidak, aku pun akan tidak akan konsistensi berjangka panjang.

Gagal dalam berkomitment ternyata bisa berdampak ego, yang perlu ku lakukan hanyalah maju, egois juga suatu saat mengambil bertindak seenak — enaknya, melakukan dampak buruk, bahkan menyakiti hati orang lain, aku sudah bisa merasakannya, apalagi buat orang yang emosional. Atau ada istilah dari novel Simone de Beauvoir, The Mandaris, ‘Artistic Temperaments’. Hati seniman juga diguncang bolak — balik karena daerah sekitar, melihat orang yang kelihatan sukses.

Jadi aku sadar komitment juga menghargai perjuangan orang lain, dengan itu akan sadarnya juga menerapkannya ke kita. Jadi diriku atau dirimu, bagaimana aku harus mengatur komitmen bersama internet, jika mereka berpatisipasi membuatkan ku sebuah karya atau perubahan.

Ya, aku harus melanjutkan melakukannya. There is nothing than action, Isn’t it?