Membangun Toko Dropshipping dengan Shopify dan Oberlo

Dropshipping, membuka toko online tanpa mensuplai barang dengan mengandalkan pihak ketiga Supplier

Membuka toko online cepat didasari pengakalan internet, inilah pilihannya, dan Shopify adalah platform terkenal untuk mengembangkannya.

Untuk diketahui terlebih dahulu, agar tidak terlalu mengambil resiko, finansial serta waktu, Dropshipping juga bisnis membutuhkan kesabaran, di situ itu pula harus mengerti konsekuensi yang telah kamu bangun selama itu.

Karena jika kamu belum memiliki toko Shopify dan berencana membuatnya, syaratnya harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Karena di sini permainan nya hadir Internasional. Dan Oberlo, Platform dropshipping ini akan menghubungkan kita ke Supplier AliExpress, dimana situ kita akan mengurus order serta pengirimannya nanti.

Apa yang kamu lakukan pertama harus berakhir dengan perjuangan. Jika mengundurkan diri dari Shopify, apa yang kamu bayar akan sia — sia dan tidak ada pengembalian modal.

Sudah siap syarat dan kondisinya, registrasi Shopify hingga menulis nama toko online mu nanti, setelah itu kamu akan ditunjukkan dashboard utama dengan 14 hari percobaaan. Di masa percobaan, kamu belum bisa melakukan transaksi hingga kamu membayar paket layanan Shopify dari tiga pilihan, ini yang harus diperhatikan, jika sekedar beli tanpa bertanggung jawab konsistensi-nya, itu akan sia — sia.

Walaupun ini hanya dropshipping, bukan berarti semua nya langsung serba instan, internet serba abstrak, tidak sepengetahuan datang dari mana saja.


Sekarang, langsung saja ke halaman Oberlo dan gabung, beberapa tahap secara otomatis akan ada integrasi dan konfirmasi izin dari Shopify.

Main Dashboard — Oberlo

Setelah terkonfirmasi, dashboard Oberlo sudah muncul dengan pilihan tutorial yang diberikannya, Oberlo yang akan membantu setelah pembeli melakukan transaksi, tapi sebelumnya kamu harus memilih produk tertera dari supplier Aliexpress, kebanyakan produk fashion sangat diminati di sini.

Tapi ada satu catatan penting untuk membangun Ecommerce, produk yang kamu jual harus bersifat kategori spesifik, fokus ke satu hal tersebut. Contohnya, jika ingin menjual pilihan teknologi, bukan teknologi umum, bawa lebih detail. Jika menjual alat proyektor serta aksesoris, berarti pelanggan akan tahu di sini solusi membeliny. Sehingga, pembeli akan mudah mengerti dengan tujuan pasar mu.


Masuk ke halaman utama Manage Products dibawah icon Dashboard, silakan cari produk yang diminati sesuai ketertarikan pasar di bagian halaman Search Products, produk tersebut hanya tertera dari AliExpress tidak dari lain, kamu akan menemukan banyak barang — barang China berkualitas, apalagi barang Fashion nya.

Manage Products, Search Products — Oberlo

Kalau sedikit pusing dengan apa yang ingin dicari, terlalu banyak pilihan. Kamu bisa pergi ke halaman bagian kanan Oberlo Supply, di sini sudah disederhanakan koleksi pilihannya oleh Oberlo Supply.

Mengenai pengiriman, kamu yang akan mengurus informasi pengirimannya manual langsung di AliExpress, Ini harus dipelajari, tidak sekedar apa yang ku tulis di sini. Namun untuk kemudahan, Oberlo sudah menyiapkan Chrome Extension untuk urusan pengirima.

Dropshipping benar bisnis menguntungkan, sekarang ketergantungan kamu bagaimana cara menikmatinya.

Manage Products, Oberlo Supply — Oberlo

Sudah memilih katalognya, sekarang saatnya untuk memberikan sentuhan informasi dan perubahan data sebelum memasukannya ke toko online Shopify kamu. Di bagian halaman Import List, akan tertulis disampingnya berapa produk yang ingin kamu masukkan, setelah itu kamu bisa menkategorikan produknya sesuai koleksi yang kamu buat di Shopify.

Terlalu banyak bisa membuat bingung pelanggan, coba di pilih — pilih untuk tiap kategorinya, mungkin bisa dari rekomendasi gaya kamu, apa yang lagi jadi bahan pembicaraan atau pililhan yang lagi dibutuhkan.

Membutuhkan waktu lama untuk mengaturnya, tapi setidaknya 14 hari percobaan bisa kamu manfaatkan di sini, sebelum membayar paket layanan. Selesai, pilih Push All Products to Shop.

Manage Products, Import List — Oberlo

Coba kembali ke halaman dashboard Shopify daftar produknya, kamu bisa melihat produk pilihan dari Oberlo masuk ke katalog toko online. Contoh ini aku mengambil pilihan jam tangan dari gaya fashion perempuan, sayangnya aku kurang puas dengan judulnya, terlalu panjang, juga tidak bagus dilihat. Jika demikian, kamu bisa sunting kembali bagian mana menurutnya salah.

Tidak perlu khawatir mengenai stock, Oberlo akan menghilangkan produk jika stocknya tidak ada.

Products, Shopify — Oberlo

Sisanya, tinggal berpandu sendiri.

Langkah selanjutnya, bagaimana kamu akan mengambil untung dari penjualan. Di bagian ikon paling bawah, Settings, ada pilihan Global Pricing Rules. Di sini kamu tinggal mengikuti rumusan dari situ,

Harga Produk dari Supplier dikali lipatan keuntungannya akan sama dengan harga produkmu di toko. Pilihan lain juga berlaku dengan menambah nilai tetap.

Settings, Global pricing rules — Oberlo

Tahap pertama mungkin sudah selesai untuk Dropshipping, tinggal strategi kreativitasmu bagaimana mempromosikannya, mendapatkan pengunjung dan pelanggan pertama

Banyak fitur Oberlo yang harus kamu cari tahu termasuk pengirimannya, eksekusi pertama kebanyakan tidak berlangsung lancar, tanda ujian sebenarnya. Tulisan singkat bisnis Ecommerce sederhana ini semoga mengharapkan potensi bisnis-mu, sampingan ataupun sedang merintis. Yang ku inginkan, seberapa matang kegigihan dari mental entrepreneur-mu.

Semoga bermanfaat!