Membangun Toko Dropshipping dengan Shopify dan Oberlo

Dropshipping, membuka toko online tanpa mensuplai barang dengan mengandalkan pihak ketiga Supplier

Membuka toko online cepat didasari pengakalan internet, inilah pilihannya, dan Shopify adalah platform terkenal untuk mengembangkannya.

Untuk diketahui terlebih dahulu, agar tidak terlalu mengambil resiko, finansial serta waktu, Dropshipping juga bisnis membutuhkan kesabaran, di situ itu pula harus mengerti konsekuensi yang telah kamu bangun selama itu.

Karena jika kamu belum memiliki toko Shopify dan berencana membuatnya, syaratnya harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Karena di sini permainan nya hadir Internasional. Dan Oberlo, Platform dropshipping ini akan menghubungkan kita ke Supplier AliExpress, dimana situ kita akan mengurus order serta pengirimannya nanti.

Apa yang kamu lakukan pertama harus berakhir dengan perjuangan. Jika mengundurkan diri dari Shopify, apa yang kamu bayar akan sia — sia dan tidak ada pengembalian modal.

Sudah siap syarat dan kondisinya, registrasi Shopify hingga menulis nama toko online mu nanti, setelah itu kamu akan ditunjukkan dashboard utama dengan 14 hari percobaaan. Di masa percobaan, kamu belum bisa melakukan transaksi hingga kamu membayar paket layanan Shopify dari tiga pilihan, ini yang harus diperhatikan, jika sekedar beli tanpa bertanggung jawab konsistensi-nya, itu akan sia — sia.

Walaupun ini hanya dropshipping, bukan berarti semua nya langsung serba instan, internet serba abstrak, tidak sepengetahuan datang dari mana saja.


Sekarang, langsung saja ke halaman Oberlo dan gabung, beberapa tahap secara otomatis akan ada integrasi dan konfirmasi izin dari Shopify.

Main Dashboard — Oberlo

Setelah terkonfirmasi, dashboard Oberlo sudah muncul dengan pilihan tutorial yang diberikannya, Oberlo yang akan membantu setelah pembeli melakukan transaksi, tapi sebelumnya kamu harus memilih produk tertera dari supplier Aliexpress, kebanyakan produk fashion sangat diminati di sini.

Tapi ada satu catatan penting untuk membangun Ecommerce, produk yang kamu jual harus bersifat kategori spesifik, fokus ke satu hal tersebut. Contohnya, jika ingin menjual pilihan teknologi, bukan teknologi umum, bawa lebih detail. Jika menjual alat proyektor serta aksesoris, berarti pelanggan akan tahu di sini solusi membeliny. Sehingga, pembeli akan mudah mengerti dengan tujuan pasar mu.


Masuk ke halaman utama Manage Products dibawah icon Dashboard, silakan cari produk yang diminati sesuai ketertarikan pasar di bagian halaman Search Products, produk tersebut hanya tertera dari AliExpress tidak dari lain, kamu akan menemukan banyak barang — barang China berkualitas, apalagi barang Fashion nya.

Manage Products, Search Products — Oberlo

Kalau sedikit pusing dengan apa yang ingin dicari, terlalu banyak pilihan. Kamu bisa pergi ke halaman bagian kanan Oberlo Supply, di sini sudah disederhanakan koleksi pilihannya oleh Oberlo Supply.

Mengenai pengiriman, kamu yang akan mengurus informasi pengirimannya manual langsung di AliExpress, Ini harus dipelajari, tidak sekedar apa yang ku tulis di sini. Namun untuk kemudahan, Oberlo sudah menyiapkan Chrome Extension untuk urusan pengirima.

Dropshipping benar bisnis menguntungkan, sekarang ketergantungan kamu bagaimana cara menikmatinya.

Manage Products, Oberlo Supply — Oberlo

Sudah memilih katalognya, sekarang saatnya untuk memberikan sentuhan informasi dan perubahan data sebelum memasukannya ke toko online Shopify kamu. Di bagian halaman Import List, akan tertulis disampingnya berapa produk yang ingin kamu masukkan, setelah itu kamu bisa menkategorikan produknya sesuai koleksi yang kamu buat di Shopify.

Terlalu banyak bisa membuat bingung pelanggan, coba di pilih — pilih untuk tiap kategorinya, mungkin bisa dari rekomendasi gaya kamu, apa yang lagi jadi bahan pembicaraan atau pililhan yang lagi dibutuhkan.

Membutuhkan waktu lama untuk mengaturnya, tapi setidaknya 14 hari percobaan bisa kamu manfaatkan di sini, sebelum membayar paket layanan. Selesai, pilih Push All Products to Shop.

Manage Products, Import List — Oberlo

Coba kembali ke halaman dashboard Shopify daftar produknya, kamu bisa melihat produk pilihan dari Oberlo masuk ke katalog toko online. Contoh ini aku mengambil pilihan jam tangan dari gaya fashion perempuan, sayangnya aku kurang puas dengan judulnya, terlalu panjang, juga tidak bagus dilihat. Jika demikian, kamu bisa sunting kembali bagian mana menurutnya salah.

Tidak perlu khawatir mengenai stock, Oberlo akan menghilangkan produk jika stocknya tidak ada.

Products, Shopify — Oberlo

Sisanya, tinggal berpandu sendiri.

Langkah selanjutnya, bagaimana kamu akan mengambil untung dari penjualan. Di bagian ikon paling bawah, Settings, ada pilihan Global Pricing Rules. Di sini kamu tinggal mengikuti rumusan dari situ,

Harga Produk dari Supplier dikali lipatan keuntungannya akan sama dengan harga produkmu di toko. Pilihan lain juga berlaku dengan menambah nilai tetap.

Settings, Global pricing rules — Oberlo

Tahap pertama mungkin sudah selesai untuk Dropshipping, tinggal strategi kreativitasmu bagaimana mempromosikannya, mendapatkan pengunjung dan pelanggan pertama

Banyak fitur Oberlo yang harus kamu cari tahu termasuk pengirimannya, eksekusi pertama kebanyakan tidak berlangsung lancar, tanda ujian sebenarnya. Tulisan singkat bisnis Ecommerce sederhana ini semoga mengharapkan potensi bisnis-mu, sampingan ataupun sedang merintis. Yang ku inginkan, seberapa matang kegigihan dari mental entrepreneur-mu.

Semoga bermanfaat!

29 replies on “ Membangun Toko Dropshipping dengan Shopify dan Oberlo ”
  1. Selamat Siang pak firasraf, saya falah dari semarang

    saya baru belajar dropshiping internasional, untuk bertransaksi apakah bisa pakai doku? atau hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit saja?

    Terimakasih, mohon bimbinganya

      1. salam sejahtera om firasraf

        saya mau bertanya tentang cara penggunaan shopify:
        1. pada masa trial berarti kita belum bisa transaksi jualan?
        2. kalo main local berarti kita ga bisa pakek oberlo dan harus nginput satu-persatu?
        3. jika main local apa bisa pakek bank btpn?
        4. misalnya kita main di aliexpress untuk penjualan di daerah tertentu/ local gimana dengan ongkirnya?
        5. saya minta sarannya jika saya mau main cuman di satu daerah/provinsi enaknya ambil barang di luar / local kayak shopee dll

        maaf om firasraf jika pertanyaan saya banyak
        -tapi saya minta bimbinganya om

        – terima kasih atas waktunya om

  2. Selamat sore Mr. Firasraf

    Saya belum terlalu faham, antara Shopify dan Oberlo.

    1. Apakah kita harus punya akun PayPal atau Doku
    2. Apakah bank lokal bisa kita pakai
    3. Apakah harus pasang iklan Fb Ads
    4. Untuk berjualan apakah target harus di luar Negeri saja, dalam negeri, atau bisa ditarget Dalam dan Luar Negeri.

    Terimakasih

    1. Halo Mr. Suhenda Joe, nanti paham juga kalo dicoba
      1. Kalo pasar Indonesia, rekomendasi pake Doku, itu bisa pembayaran Indonesia, syarat daftarnya pake NPWP.
      2. Bank lokal sudah termasuk di Doku, kalo mau transfer biasa, masukkan aja tertera rekening.
      3. Iklan Fb Ads hanya media promosi website, jadi itu pilihan.
      4. Usahakan targetnya konsisten satu aja, ngatur jualan nya lebih teratur.

    1. Bagian ‘Settings’ Oberlo, ada ‘Global Pricing Rules’, rumus nya dua pilihan, ‘Multiplier’ atau ‘Fixed.

      Multiplier -> Misal produknya $20, harga yg mau dijual $40, kalo multiplier-nya 2 (Di-kali)

      Fixed -> Misal produknya $10, harga jualnya $15, kalo fixed nya 5. (ditambah)

      Ini kunci ambil untung untuk setiap produk yg dijual.

    1. Ya sayangnya untuk Indonesia, sewa hosting Shopify hanya dukung Kartu Kredit, ini tagihan bulanan otomatis. Dan Oberlo satu2 nya integrasi dengan Shopify.

      Ini bukan berarti jalan akhir 😀

  3. salam sejahtera om firasraf

    saya mau bertanya tentang cara penggunaan shopify:
    1. pada masa trial berarti kita belum bisa transaksi jualan?
    2. kalo main local berarti kita ga bisa pakek oberlo dan harus nginput satu-persatu?
    3. jika main local apa bisa pakek bank btpn?
    4. misalnya kita main di aliexpress untuk penjualan di daerah tertentu/ local gimana dengan ongkirnya?
    5. saya minta sarannya jika saya mau main cuman di satu daerah/provinsi enaknya ambil barang di luar / local kayak shopee dll

    maaf om firasraf jika pertanyaan saya banyak
    -tapi saya minta bimbinganya om

    – terima kasih atas waktunya om

    1. Iya yg kemarin email saya sebelumnya, Iya ga papa pertanyaan nya banyak,

      1. Masa trial memang belum bisa di-komersial toko onlinenya, apalagi melakukan transaksi, sampai paket pricing-nya diaktifkan.

      2. Coba saja aktifkan Oberlo, kalo sudah aktif Oberlo-nya, tidak perlu input produknya satu persatu.

      3. Di Shopify, banyak pilihan kategori payment-nya, cari saja digital payment Indonesia (Doku, 2Checkout, Coinbase), itu bisa kartu kredit, virtual account dan lainnya. Kalau mau transfer manual, seperti bank btpn, masukin saja nomor rekening mas dodi di bagian lainnya. (Detail-nya -> https://www.shopify.co.id/payment-gateways/indonesia)

      4. Barang – barang dari Aliexpress itu kan dari luar negeri ya, untuk kirim ke Indonesia bisa dengan biaya gratis atau pilihan lain, nah sekarang tergantung keputusan pemilik toko online-nya.

      5. Ambil local saja, karena dropship dari luar negeri tanggung jawabnya masih samar, ekspetasi pengirimannya pun agak lama, biasanya pemain dropship ambil pasar internasional.

      Kalau memang ribet mas Dodi ribet dengan Shopify, pakai alternatif lain saja gunakan Woocommerce, itu ga perlu kartu kredit, tapi ga ada layanan Oberlo.

  4. Hai Ka Firasraf ,

    Sebelumya saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah bersedia membuat tulisan yang sangat bermanfaat .

    Saya mau bertanya tentang konsep Dropship menggunakan Shopify dan import product menggunakan contoh ” AliExpress” :

    1. Setelah kita mengimport product dr AliExpress dimanakah iklan kita akan muncul ?

    2. Semisal muncul nya di shopify, artinya pembeli harus open web shopify terlebih dahulu ?

    Terima Kasih

    1. Oh ya sama – sama

      Pertanyaan nya kurang jelas bagi saya, tapi ini yang bisa saya jelaskan

      1. Setelah mengimport, kalo bicara ‘iklan’, kita dong yang harus ngurus iklan nya sendiri, share k sosmed atau blog. No big deal.

      2. Produk2 yang udah di import muncul nih di Shopify, kalo Puput ingin dapat untung dari drophip, berarti pembeli transaksi nya di website shopify kita dong, setelah itu Puput urus produknya kembali (seperti pengiriman dll) di Aliexpress.

      Semoga bermanfaat, kalo ga mengerti boleh tanya2 lagi.

  5. hallo mas firasraf mau nanya ni mas

    1. kalo kita masukin kartu kredit untuk pembayaran pembeli apakah uangnya masuk langsung di kartu kredit kita atau ditunda seperti paypal sampai barangnya sampai ke pembeli ?
    terimkasih mas

    1. Tergantung sistem pembayarannya apa dulu,

      Kalo pake ‘Shopify Payments’ uang baru bisa diambil 1 atau 2 hari sampe ke bank account, termasuk pembayaran kartu kredit, itu membutuhkan akun Stripe. Jadi Indonesia ga berlaku di payment ini.

      Kalo Paypal, memang di tahan sampe pembeli menerima barang.

      Untuk sistem pembayaran dari Indonesia, gunakan DOKU atau 2Checkout, itu pun pembayaran kredit card juga tidak bisa langsung ke bank akun kita, ada jeda dari status setiap Bank. Walaupun transaksi berhasil dan barang belum kita kirim.

      Semoga bermanfaat

  6. di bagian manage produk utk Oberlo pada bagian VARIANT, disitukan ada harga, sy lihat harga sudah dinaikkan oleh oberlo dari harga sebelumnya, dan itu masih bisa dirubah, apakah harga ini harga keuntungan kita atau untuk oberlo, apakah perlu menaikkan lagi untuk keuntungan kita atau ikut saja harga yang disarankan

    1. Harga sudah dinaikkan oleh Oberlo dari harga sebelumnya, itu untuk keuntungan kita.

      Sedangkan untuk menaikkan lagi harganya, itu tergantung dengan penjual, Oberlo juga memberikan pilihan manual.

  7. Hi Pak Firasraf,

    Terimakasih atas tulisannya yang membuka ide untuk bisnis sampingan.

    Saya masih belum mengerti prosedur dalam bisnis dropship, mohon bisa diemailkan ke saya langkah2nya.

    Contoh,
    1. Apabila kita main di international untuk income kita nanti terima apakah transfer langsung kerekening kita atau masuknya ke doku atau bagaimana?
    2. Apabila kita sudah membuat akun shopify dan oberlo, untuk suply barang dari aliexpress kita harus bikin akun juga atau terintegrasi otomatis via shopify?

    Terimakasih atas bantuannya.
    Sukses Selalu

    1. 1. Dropship dominannya memang main di internasional untuk income.
      Soal transfer langsung itu harus masuk dulu ke sistem payment masing – masing, kalo DOKU berarti uangnya masuk ke DOKU dulu, DOKU hanya berlaku payment Rupiah di Indonesia. Bermain di internasional berarti pakai payment yang pake dollar, seperti PAYPAL
      2. Sistem dropship suply barang dari Aliexpress, kita harus buat akun nanti untuk AliExpress, karena begitu pembeli barang di toko online kita, pembayaran dan pengiriman masih perlu diproses di AliExpress. Walaupun Oberlo kasih tool semi-otomatis.

      Semoga bermanfaat

  8. Siang gan,

    mau nanya
    apakah dropship disini pakai modal ? selain dr hosting shopifynya sama iklan, maksudnya pas ngurus barangnya itu pakai uang kita dulu kah ? atau uang yg di transfer sama pembeli lgsg bisa kita pakai untuk beli barangnya

    makasih gan

  9. Dropship sendiri bermodal Kartu Kredit wajib, termasuk hosting Shopify sama iklan. Waktu transaksi barang untuk dropship, enak bayarnya pake Kartu Kredit.

  10. Selamat siang Abang Firasraf, terimakasih telah berbagi ilmunya, sangat bermanfaat sekali untuk kita yang sedang belajar dropship internasional,
    Mau tanya ni bang kalau biaya untuk shopifynya sndri/bln berapa?
    Kalau berkenan inbok email saya ya bang, mau tanya-tanya lebih dalam lagi ttg bisnis ini.. Terimakasih 😊

    1. Iya mba Dewi sama – sama, Shopify-nya sendiri paling murah seharga $29 / Dollar, untuk permulaan ini sudah cukup. Justru mba-nya yang email duluan ya, kan mau tanya – tanya -> firasraf@kicikku.com

  11. celek, admin gaber tulisan rewrite dari english tatanan bahasane kacau..

    mending gak usah dipublish kalau cuma translete gak diperbaiki tatanan bahasamu seperti bahasa bocah TK tulisane..

Leave a Reply