Suatu Waktu Ingin Mengancam?

Dear Everyone,

Apa kabar?

Sudah lama tidak lama berkelabu berburu ide, aku senang bisa kembali ke Kicikku, aku harap tulisan — tulisan ku sebelumnya bernilai untuk kamu.

Aku punya sekilas ide yang sesuai dengan media surat ini, ide buat para Innovator, pengembang teknologi dan juga desainer. Coba kita perhatikan dengan kompetisi sekarang, terlalu liar untuk diikuti, karena setiap pembahasan dari setiap strategi seperti Startup, ‘apa yang pasar diinginkan’, apakah teknologi selalu membawa suatu kesuksesan, sebenarnya ini kembali ke kepribadian bisnis dan juga waktu.

Aku juga harus heran dengan waktu, teknologi dijanjikan akan membawa perubahan, tapi siapa yang akan bertahan, bertahan menjaga integritas dan kedisiplinan, percaya diri atas imajinasinya, tidak tergantung dengan nilai dominan, apa yang sudah data sombongkan ke kita. Semakin hari rasanya semakin berat, apalagi kalau hasilnya belum menjanjikan.

Aku membaca majalah desain Computer Arts edisi Juli dari Inggris, seorang Creative Director [lupa nama-nya] dari negara bagian Eropa memutuskan keluar dari pekerjaan lamanya dan menjalankan bisnis baru. Dan dari pengalamannya, aku tertarik dengan cerita nya.

“Menjalankan bisnis sendiri, penuh dengan frustasi, banyak pengeluaran, tidak ada jaminan keuntungan. Namun, jika itu berhasil suatu hari, aku merasa berada di atas level dari yang lain — lain.”

Sederhana nya, ‘waktu’ ikut serta penentuan kualitas, keegoisan, dan juga rasa tegar-mu. Kompetisi seperti ini biasanya saling menyalahkan, apalagi berbasis teknologi, hingga kita harus tergiur serba cepat, hilang kedisiplinan, intinya proses seni tidak diapresiasi lagi.

Apakah perusahaan yang hanya diam saja, seolah tidak melakukan apa — apa dari luar, akan kalah di kompetisi. Untungnya aku banyak belajar prinsip desain, untuk strategi bisnis dan pengalaman inovasi, dimana prioritas harus ditentukan, menelusuri kesederhanaan dan bekerja seperti seniman.

Kenapa desain?, hebatnya desain adalah, menemukan jalan arah performa-mu sebelum data menunjukkan referensi, yang suatu saat akan merusak kesempatan kreativitas-mu. Rasanya akan lebih segar dan berbagi kesenangan, bahwa desain akan meyakinkan strategi antara partner kerja-mu atau tim-mu.

Tidak hanya bidang teknologi, ini bisa berlaku dimanapun, karena desain juga tidak hanya media visual.

Seharusnya kamu juga belajar desain, pasti kamu punya ide cemerlang yang bisa dibahas, pelajaran bersifat komunitas ini, akan menghindari ancaman waktu. Ancaman waktu itu kebanyakan dari, material uang. Bahkan diri ku juga masih belajar, menulis essay dengan pesan jelas, bereksperimen menulis kode aplikasi iOS, rela menikmati frustrasi. Kamu juga merasakan hal yang sama?, petualagan seperti apa yang bisa kamu ceritakan untuk ku dan teman-teman mu?, pasti bertantang dong.

Akan banyak pertanyaan yang akan dibahas. Mending, kalau ingin berdikusi, tanya-jawab. Kita bisa berteman, lewat email: firasrafislam@live.com

Terima kasih. — Letters of Idea

Leave a Reply