Ketika Pelanggan Sudah Membayar Order di Shopify Kamu

Tanggung jawab Ecommerce-mu adalah kepercayaan dan loyalty.

Pembahasan Ecommerce sebelumnya, aku sudah memberi tahu kalian bahwa Shopify memiliki kekuatan dropship yang sempurna, tinggal komitmen mu saja bagaimana.

Akan Tetapi, sebagai pemilik ecommerce yakin bagaimana dipercaya para pelanggan, termasuk proses pembayaran hingga barang di tangan pelanggan, termasuk prioritas.

Sistem data Shopify perlu kamu kuasai, Shopify bisa membaca apa yang sedang pelanggan lakukan, kebiasaannya. Pelanggaan sedang memasukkan produk kita ke keranjangnya pun, bisa diketahui.

Tapi aku ingin membahas, ketika pelanggan sudah membayar, apa langkah selanjutnya?

Pelajari di bagian Analytics -> Report

Masalahnya, apakah pelanggan sudah membayar Shopify-mu itu, berada di dashboard bagian Orders.

Ketika pelanggan meletakkan order di Ecommerce-mu, kamu akan dapat Email notifikasi, selain itu bagian dashboard Orders, tertera order tersebut nanti. Tinggal memperlihatkan status, apakah pembeli sudah mengurus pembayarannya atau belum.

Buka bagian ‘Orders’ dibawah panel Home [Berlaku Shopify Premium Plan, kecuali Drafts]

orders-list

Ada bagian kolumn Payment Status, ada tiga tipe status pembayaran. Pertama, Authorized, pembayaran masih dalam process. Kedua, Paid, pembayaran sudah beres. Ketiga, Pending.

Authorized, bagi pembayarannya menggunakan sistem manual, dalam arti admin tidak langsung menerima transaksi ketika pembeli sudah order, berarti admin harus kembali mengonfirmasi lagi. <- Jika ga ngerti, komen aja.

Kolumn selanjutnya, Fullfillment Status.

Karena pelanggan sudah sepenuhnya bayar, Fullfillment Status adalah memberi tahu apakah barang jualan sudah siap dikirim atau belum. Ini penting, kamu harus memberi tahu balik bagaimana status barang-mu, dengan fitur notifikasi email.

Fullfillment Status berguna untuk kondisi produk kamu juga. Misalnya masih tahap, pembuatan atau sedang perjalanan, tapi kamu udah buka ‘pre-order’ di website, kondisi stock sudah habis, bisa juga dropshipping yang masih belum jelas keadaan barang-nya.

first-order-wants-fulfilling

Untuk memberikan status pengiriman, klik order pelanggan mana yang dikirim, klik  Start fulfilling berwarna ungu, tulis tracking number jika ada dan pilih kurir pengirimnya, setelah itu klik link Fullfill Items. Sip, barang sudah dikirim, pelanggan pun tahu statusnya.