Search and Hit Enter

Ketika Pelanggan Sudah Membayar Order di Shopify Kamu

Tanggung jawab Ecommerce-mu adalah kepercayaan dan loyalty.

Pembahasan Ecommerce sebelumnya, aku sudah memberi tahu kalian bahwa Shopify memiliki kekuatan dropship yang sempurna, tinggal komitmen mu saja bagaimana.

Akan Tetapi, sebagai pemilik ecommerce yakin bagaimana dipercaya para pelanggan, termasuk proses pembayaran hingga barang di tangan pelanggan, termasuk prioritas.

Sistem data Shopify perlu kamu kuasai, Shopify bisa membaca apa yang sedang pelanggan lakukan, kebiasaannya. Pelanggaan sedang memasukkan produk kita ke keranjangnya pun, bisa diketahui.

Tapi aku ingin membahas, ketika pelanggan sudah membayar, apa langkah selanjutnya?

Pelajari di bagian Analytics -> Report

Masalahnya, apakah pelanggan sudah membayar Shopify-mu itu, berada di dashboard bagian Orders.

Ketika pelanggan meletakkan order di Ecommerce-mu, kamu akan dapat Email notifikasi, selain itu bagian dashboard Orders, tertera order tersebut nanti. Tinggal memperlihatkan status, apakah pembeli sudah mengurus pembayarannya atau belum.

Buka bagian ‘Orders’ dibawah panel Home [Berlaku Shopify Premium Plan, kecuali Drafts]

orders-list

Ada bagian kolumn Payment Status, ada tiga tipe status pembayaran. Pertama, Authorized, pembayaran masih dalam process. Kedua, Paid, pembayaran sudah beres. Ketiga, Pending.

Authorized, bagi pembayarannya menggunakan sistem manual, dalam arti admin tidak langsung menerima transaksi ketika pembeli sudah order, berarti admin harus kembali mengonfirmasi lagi. <- Jika ga ngerti, komen aja.

Kolumn selanjutnya, Fullfillment Status.

Karena pelanggan sudah sepenuhnya bayar, Fullfillment Status adalah memberi tahu apakah barang jualan sudah siap dikirim atau belum. Ini penting, kamu harus memberi tahu balik bagaimana status barang-mu, dengan fitur notifikasi email.

Fullfillment Status berguna untuk kondisi produk kamu juga. Misalnya masih tahap, pembuatan atau sedang perjalanan, tapi kamu udah buka ‘pre-order’ di website, kondisi stock sudah habis, bisa juga dropshipping yang masih belum jelas keadaan barang-nya.

first-order-wants-fulfilling

Untuk memberikan status pengiriman, klik order pelanggan mana yang dikirim, klik  Start fulfilling berwarna ungu, tulis tracking number jika ada dan pilih kurir pengirimnya, setelah itu klik link Fullfill Items. Sip, barang sudah dikirim, pelanggan pun tahu statusnya.

60 Comments

  1. Hallo mas , saya mau tanya tentang seputar Shopify, Saya ingin ikut program Shopify yg 29$, tp saat Saya check out dia bilang kalau saldo PayPal Saya tidak mencukupi, padahal di PayPal Saya ada 80$. Apakah harus ada minimal deposit ya di Shopify? Mohon bantuan nya, trimakasih

      1. Ke bagian ‘Settings’, terus ‘Account’, scroll bagian paling bawah, cari tulisan ‘Cancel Store’, terus klik ‘Close My Store’.

        Ga salah masih ada kesempatan 30 hari sebelum toko benar2 ditutup.

      1. Semi-otomatis maksudnya, kita yang ngurus transaksi dropshipnya di Aliexpress, bukan Oberlo.

      1. Ada group WA buat tanya lebih jelas seputar shopify gak mas ?
        atau mungkin selain WA dimana gitu, mohon bantuannya mas, trims !

      2. Sementara, saya ga ada group WA untuk tanya jawab Shopify. Ada yang mau ditanyakan, langsung aja di forum komen ini.

  2. Mas kalau kita menerima pembayaran dari kartu kredit ke kartu kredit, apakah sama dengan paypal yang dananya di tahan dulu sampai barangnya sampai ke pembeli ?

    1. Kalo pembeli transaksi kartu kredit, cara tahannya beda dengan PayPal, itu tergantung dari setiap bank pemilik kredit tersebut, tahan proses 2 atau 3 hari di akun sebelum cair ke rekening kita.

  3. mas mau tanya,,klu kta dropship internasional di shopify boleh kah memakai settingan alamat indonesia?dan bagaimana cara pemesan dropship di aliexpress?mohon bantuan nya mas..terima kasih.

  4. saya tertarik untuk dropship di shopify mas sy masih awam.yang mau saya tanya mas…bisakah pembayaran berlangganan shopify melalui debit tanpa harus memakai kartu kredit atau paypal?
    dan haruskah kita memiliki domain atau facebook ads untuk berjualan online di shopify? trima kasih.

    1. Sayangnya hanya kartu kredit dan paypal. Domain termasuk paket Shopify, Facebook Ads itu untuk iklankan toko online-nya.

  5. mas bagaimana ya cara membatalkan berlangganan shopify… saya sempey daftar shopify dan ikut free trial, tapi saya sudah terlanjur memasukkan data2 CC saya, terus otomatis CC saya dapat tagihan dari shopify. padahal saya sempet baca kalau shopify mau menarik dana dari kartu kredit saya, katanya mau konfirmasi dulu via email…ternyata tanpa konfirmasi tahu2 narik dana saya…gimna tuh cara berhenti berlangganan, kalau bisa penarikan kali ini dibatalkan saja, sebab saya masih bingung pakai shopify dan model dropship dari aliexpress. jadi saya ingin mempelajari dulu baru berlangganan nanti. tolong ya mas, kasih tahu caranya. trims

    1. Sebenarnya begitu kita daftar free trial terus masukin data CC, sistem-nya memang sudah otomatis ke paket, tidak ada lagi konfirmasi, memang persetujuan kontraknya, memang harus hati – hati. Seharusnya mba setelah 14 hari free trial, baru isi CC data. Sekalipun berhenti langganan, uang tidak akan balik, jadi manfaatkan aja selama sebulan selagi toko sudah online, sambil pelajari. Aku terbuka untuk konsultasi -> firasraf@kicikku.com

  6. Mas mau tanya donk untuk authorized itu dijadikan paid gmn caranya y?..kontak customernya by email atau gmm y mas

    1. Cara gantinya ga salah bisa diatur di bagian ordernya, terus kontak otomatis by email sama Shopify-nya, kalo statusnya berubah

      1. Kondisi toko kita sebelum memberikan nomor cc akan bertuliskan coming soon karena passwordnya belum dibuka oleh shopify. jika bisa menggunakan paipal dalam berlangganan gimana caranya mas? sebab di situ hanaya di suruh mengisi Card number? Expires? dan CVV?
        sya sudah coba masukan kode Visa dari kartu debit Bank BTN milik saya tapi di tolak oleh Shopify padahal sudah dikonfirmasi oleh Oberlo. terimakasih jawabanya.

  7. Saya baru memulai berbisnis dengan shopify dan masih trial ,apakah sudah bsa digunakan untuk berjualan dan menghasilkan profit?
    Kedua mw nanya,bisa ga 2 metode payment digunakan untuk pembayaran kostumer?doku dan paypall
    Makasih

    1. Shopify masih trial, tokonya belum bisa dibuka untuk berjualan. Untuk menggunakan 2 metode payment, mata uangnya harus sama dulu. Karena Doku hanya Rupiah dan Paypal hanya Dollar, jadi ga bisa dua.

  8. Mas klo misal dalam satu bulan kita dapet order dgn kuantiti banyak, sedangkan cc kita sudah mencapai batas nya.. Apa ada alternatif payment lain ketika kita akan order ke AliExpress untuk fulfilling menggunakan oberlo? Apakah transaksi ke AE harus selalu melalui oberlo atau bisa manual? krn setau saya AliExpress tidak menerima Paypal untuk pembayaran..

    1. Pertanyaan bagus, CC udah maks. termasuk masalah karena order banyak.

      Alternatif payment misal transaksi dari Indo, setahu aku hanya CC mendukung, tapi kurang tahu kalo Bank Transfer atau Debit Online.

      Transaksi nyaman langsung lewat Oberlo, karena itu perlu koneksi data antara toko Shopify kita dengan stock di AliExpress.

    1. Biasanya masalah gini, karena Paypal ga dukung pembayaran toko Shopify yang mata uangnya Rupiah. Hanya berlaku Dollar, Euro, mungkin Yen juga

  9. maaf mau tanya, saya sudah buat shopify dan masih dalam masa trial. Tapi bberapa hari kemudian saya lupa, dan ketika masuk ada tagihan yang berupa di suruh memilih plan atau pembayaran. Apakah ini berarti saya sudah kena tagihan? dan apakah saya bisa membuat shop lain dengan email yang berbeda dan memiliki masa trial baru lagi?

    1. Selagi belum mengisi nomor kartu kredit atau paypal, tidak ada tagihan yang masuk. Memang kalo trial udah habis masanya, itu saatnya memilih plan, jadi ini masih aman. Kalo buat toko lain dengan email berbeda, itu ga masalah, dapat masa trial lagi dengan toko berbeda.

      Terima kasih

  10. Malam mas mau tanya, saya sudah dapat beberapa order di shopify dan saya menyediakan menu pembayaran lewat doku dan bank transfer-rupiah (bank deposit) jadi sistemnya transfer manual. Nah beberapa order yang masuk ini menggunakan metode bank transfer, saya juga sudah follow up email dan sms untuk pembayaran tapi pembayaran masih belum dilakukan oleh konsumen, apakah ada yang salah dengan metode pembayaran saya kah mas? Terima kasih sebelumnya

  11. Malam mas saya mau tanya, saya menggunakan metode pembayaran doku dan bank transfer (transfer manual-rupiah). Saya sudah mendapatkan beberapa order shopify dengan pembayaran bank transfer, namun konsumen masih belum melakukan pembayaran, walau saya sudah follow up dgn email dan sms. Apakah metode pembayaran saya kurang tepat atau adakah cara lebih efektif lagi untuk pembayaran konsumen? Terima kasih sebelumnya.

    1. Bank Transfer itu, untuk mengatur ordernya pun harus manual, jadi misalkan konsumen belum bayar, jadi order harusnya status ‘pending’ dulu, kalo udah dibayar baru diganti ‘paid’, sesuai dengan artikel ini, nanti konsumen dapat notifikasi email atau di mana tentang status ordernya.

      Memang sih pembayaran ini kurang efektif, tapi ku sarankan pakai pembayaran punya Indonesia Doku atau Midtrans, ini syaratnya NPWP sama formulir tertulis, ini bank transfer atau virtual transfer mereka yang mengonfirmasi, jadi begitu diterima, status order pun berubah.

      1. Terima kasih mas jawabannya, jadi lebih baik saya coba non aktifkan metode pembayaran bank transfer dan hanya menggunakan doku saja ya? doku saya sudah aktif cuma di dashboard doku nya masih tertulis integrasi website belum aktif, saya sudah keluhkan ke pihak doku tapi belum mendapat jawaban, semoga segera dijawab. Terima kasih.

      2. Bank transfernya biarkan aja dulu, sampai Doku-nya aktif.

        Mengenai Doku karena integrasi website belum aktif, ini karena ada syarat dokumennya, cukup KTP dengan NPWP, terus nanti di-verifikasi dulu sama mereka.

  12. Malam mas, saya baru buat shopify dgn status trial 14 hr, udah buat akun bisnis di paypal jg, dan sukses. Namun pas coba pembelian di akun shopify saya, ketika ngeklik tombol paypal untuk membayar selalu aja gagal… knp ya?

    1. Mungkin toko masih dikunci, untuk membukanya harus langganan full dulu, trial ga bisa untuk transaksi. Terus ingat juga, pembayaran PayPal tidak dukung transaksi mata uang Rupiah.

    1. Saya kurang tahu soal Payoneer, ga salah ini ga dukung, tapi kalo mau pembayaran pakai Credit Card lainnya, masih ada pilihan lainnya, PayPal, Shopify Pay *punya Shopify sendiri atau Stripe. Ini pun tergantung juga sama toko online-nya, kalo tokonya internasional, jual pake dollar, ga masalah sistem2 tadi.

      Tapi kalo hanya di Indo, jual pake Rupiah, rata2 ga dukung. Jadi untuk pembayaran cc di Indo, pasangkan ke Doku atau Midtrans.

      1. AE tu apa ya?, AE tu amazon ya

        Shopify Pay, hanya untuk pelanggan transaksi di toko online Shopifynya. Jadi, misal pelanggan beli barang di toko kamu, barangnya dropship dari Amazon, bayar ke Amazon nya hanya dukung kartu kredit atau Amazon Pay.

        Masalah Amazon, sebenarnya ingat juga dengan Payoneer, Payoneer tu kan bisa sebagai rekening internasional, ini bisa untuk deposit penghasilan dari akun Amazon Pay.

      2. Dan banyak yang bilang klo pake cc sebagai sistem terima & bayar ada yang kena limit apakah itu benar? Dan rekom untuk pembayaran di ae

      3. Ga pernah dengar ya pake pembayaran cc ada limit, cuma masing – masing pilihan kadang kena transaksi fees kecuali Shopify Pay, misal orang bayar pake cc di payment PayPal kita, ini kena transaksi fees, ini juga pengaruh berapa fees yang diambil di paket langganan Shopify kita.

        Untuk Orang Indo transaksi di AliExpress, sayangnya hanya bisa kartu kredit, ga ada pilihan lain, mungkin debit online yang ada Visa atau MasterCard bisa.

  13. Saya baru mau menggunakan shopify, dan sekarang masih dalam masa free trial. pas mau launch store, harus bikin plan. mau ngambil yang basic, trus diminta mengisi card number. gimana nulis card number indonesia? dan apakah hanya untuk kartu kredit?

    1. Untuk shipping seperti jne tiki, aku punya dua opsi.

      Opsi Pertama mengatur ordernya secara manual dari Shopify, sebelum barang terkirim, kita beri status dulu di halaman ‘Orders’-nya, antara ‘Unfulfilled’ dengan ‘Fulfilled’, cara mengubah status ini, pilih ordernya, terus tekan ‘Start fulfilling’ berwarna ungu, isi nomor pengiriman jika ada, terus isi nama jasa pengirim, jne atau tiki.. Ini serba manual, kekurangannya biaya kirimnya tidak bisa otomatis sama dengan JNE Tiki, harus input manual

      Opsi kedua, kebetulan ada tool rekomendasi dari pengembang Indonesia, Indoco.site, ini memang tool khusus pengguna Shopify Indonesia yang mau ngurus otomatis biaya kirimnya langsung dari jasa pengiriman JNE atau Tiki, dari website-nya pun ada layanan payment Indonesia.
      Websitenya, Indoco.site

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: