Kitab Arsitek Harvard Graduate Design, Platform 8

Walaupun sekedar menggambar, penasaran juga cara menulis pemikiran desain

Seharusnya aku mengulas buku ini pertengahan 2016, Harvard GSD sudah merilis Platform 9 di tahun berikutnya. Namun setelah ku bandingkan sekilas di antara berdua, Platform 8 selain menjadi koleksi antara karya, tulisan dan momen – momen Harvard GSD, buku kitab ini juga ga sengaja menjadi tempat belajar arsitek, termasuk teori dan filsafatnya.

For me, this publication is an effort to simultaneously present an archaelogical documentation into the working concepts of design and research – a reveal, exposing a particular moment of design culture at the Harvard GSD – and to provide a projective platform for defining new possibilities.

Letter From The Editor, Zaneta H. Hong – Platform 8

Berawal dari buku ini, ketika pertama kali masuk website Harvard GSD, sebelum ku beli, aku merasa bisa belajar dunia desain dari sekedar apa yang dunia teknologi ajarkan kepadaku, ternyata setelah ku buka, ini memang bermain dengan objek, objek bersifat komersial, objek yang akan ditempati subjek dan objek yang akan digunakan oleh subjek, beragam subjek seperti Manusia, Ekosistem, Cuaca bahkan kendaraan.

Arsitek adalah fondasi dari seluruh desain, seperti ingin belajar dunia musik, harusnya berawal dari musik klasik.

Konteks Platform 8 ber-struktur Ensiklopedia, panduan A – Z, khusus kamus arsitek, setiap katanya selalu ditambah contoh seperti karya ilmiah, kritik, lecture seminar dari seluruh dunia dan beberapa contoh karya graduated student sana. Editor juga menyebut Platform 8 adalah budaya Harvard Graduated Design, desain melihat atas prosesnya, Harvard GDS berhasil mempamerkan inovasi – inovasi mereka.

Selain mendeklarasikan sejarah tahunan lulusan dan kontribusi untuk Platform 8, Harvard GSD tahun 2016 mengadakan Exhibition, melihat langung hasil kerja keras para lulusan sana, mempamerkan portfolio mereka, tanda awal potensi dan saling menghargai. Desain dikenal sebagai komunikasi berkolaborasi, saling terbuka dan memahami. Itu pelajaran yang ku dapatkan

Hebatnya ensiklopedia desain ini juga membantu ku menulis essay desain, mencari pemikiran pemikiran sederhana, catat di buku catatan kecil, tulis siapa pemilik karya ilmiah, lama – lama terbiasa, bisa meningkatkan bahasa inggris ku. Buku ini punya kesan kuat untuk seorang scholar.

IMG_1705
IMG_1704

IMG_1703IMG_1702IMG_1701