Komitmen Ecommerce Tidak Segampang Tutorial-nya

Aku berterima kasih sebelumnya telah membaca salah satu artikel populer KICIKKU, mengenai membuat toko dropshipping dengan Shopify dan Oberlo. Semoga yang membaca sudah menemukan kunci suksesnya, aku pun sendiri belum tentu bisa menjanjikan apa dropshipping benar menghasilkan puluhan juta, apa yang dikatakan expert – expert lainnya.

Tulisan ini mengingatkan dan memotivasi aku untuk kembali menulis Ecommerce, khusus dengan bahasa Indonesia. Sekarang kebanyakan tulisan ku berbahasa Inggris, untuk mempertajam kemampuan-ku.

Apa Dibalik Komitmen Ecommerce?

Membuka website, mencari, memasukkan produk, sharing ke sosial media. Itulah Ecommerce, namun komitmennya. Membuka website, berarti kamu menginvestasikan diri-mu untuk bertanggung jawab website tersebut, dari desain, manajemen konten, server hingga keamanan. Platform sekarang, seperti Shopify, Squarespace, Woocommerce, sudah gampang menyajikan fitur – fitur khusus membangun Website, itu akan mencerminkan dirimu sendiri.

Mencari dan memasukkan produk, komitmen kamu bagaimana konsisten apa yang akan kamu jual. Kamu seorang Fashion fokus kepada koleksi mewah, berarti produk – produk mu akan menargetkan user – user yang juga akan berkomitmen untuk membeli barang mewah.

Ikuti tren kesukesan Net-A-Porter, Farfetch dan 24Sevres. Tiga Ecommerce Fashion berjuang di bidang internasional dalam koleksi mewah. Indonesia mesti punya cerita sama tapi di bidang lain, semoga Ecommerce kamu juga bisa berkualitas seperti mereka.

Sharing ke sosial media, adalah suatu sistem bertahap – tahap, sistem begini yang membuat-mu nyaman di zona-mu. Aku rasa ini tidak ada sama sekali kreativitas, semua berdasarkan konten dan berusaha berkomunikasi dengan brand-mu. Seharusnya platform itu sendiri, jika mereka merasa mengklaim dirinya kreativitas, Ecommerce tidak perlu menghabiskan uang di sosial media dan strategi millenial. Masih banyak cara lain meningkatkan kualitas di atas platform, daripada meninggalkan uang tanpa jejak di sosial media.

Alasan Berkomitmen, aku ingin orang Indonesia yang membangun Ecommerce tidak di atas platform yang akan mengambil keuntungan-mu secara tidak sadar, platform – platform ini sedang berperang satu sama lain, mereka punya cara sederhana untuk penjual untuk miliki toko sendiri, tanpa domain sekalipun, tanpa memiliki sistem pembayaran sendiri. Itu tidak akan membuat-mu menjadi pemain Ecommerce sejati.

Sebelumya pernah membahas di ‘Mi Instan’.