(Human + Design = IBM), Pengaruh Bureau Borsche di Fashion Grafis Identity, Google Kembali ke Potensi Email

Pengalaman ku yang tidak nyaman untuk di dengar, terlalu berharap, aku pernah mengajukan diriku dengan portfolio bekerja di IBM Design.

Proses desain IBM, minor untuk ditemukan di publikasi media kreatif. IBM, yang diketahui sebagai perusahaan riset teknologi, tentu penerapannya butuh sebuah pengalaman manusia, itulah kenapa mereka mensatukan tim desain. Sekarang, modal bisnis mereka adalah firma bisnis to bisnis.

Sensitif menulis IBM, perusahaan teknologi berumur 100 tahun lebih ini punya mengembangkan Typeface sendiri bernama Plex, mengganti generasi Helvetica Neue, dimana orang bisa menggunakan font tersebut untuk membuat logo usaha-mu kapan pun, dan gratis termasuk web dan mobile.

Sejarah desain identity IBM sering menjadi aspirasi untuk desainer mendatang. Inikah kekuatan dibalik mendesain logo, padahal nilai perusahaan itu sendiri yang memberi kekuatan elemen logo tersebut. Berasal dari kerjaan Paul Rand, desainer dan pemikir grafis terkenal dari Amerika. Mengingat kesetiaannya membangun futuristik dengan IBM dari tahun 1951, Paul Rand berani bercerita dengan visual bahwa inovasi solusi milik IBM menjadi penyinggung dunia bisnis teknologi.

10040_g_desktop
Eye-Bee-M by Paul Rand, 1981 – IBM

Karya beliau terkenal “Eye-Bee-M” dibuat tahun 1981, hingga saat ini masih dihidupkan oleh tim desain IBM.

Sekarang masa depan IBM dipertaruhkan, mengingat visi panjang kolaborator IBM, Eliat Noyes, sekaligus industrial desainer. Tetap teguh dengan prinsip misi desain modern, walaupun berbeda tim.

Hebat, kenapa bisnis dunia tidak sensitif dengan desain IBM. Perusahaan ini sudah puluhan tahun menerapkan desain, tapi IBM kiblatnya selalu di sisi teknologi, bahkan kompleks, sayang sedikit sekali yang mengaplikasikan nya menjadi emosi sukses.

Akhirnya, Quartz mempamerkan IBM Desain, ditulis oleh Anne Quito.

Beliau Anne, menceritakan, daripada perusahaan besar ini mengambil desainer terkenal, kenapa tidak melatih orang – orang talenta ini berpikir secara desain, layaknya natural secara sehari – hari. Dan agresif, mengambil desainer – desainer muda untuk melatih praktisnya di dunia bisnis.

Sama halnya seperti perusahaan dengan mindset desain, mbak Anne menfokuskan bukti satu kata ‘empati’. Kasusnya berasal dari, salah satu proyek besar IBM menjadi layanan B2B di komersial penerbangan, membuatkan mobile app untuk memudahkan validasi data Boarding pass.

Tidak ada yang istimewa dengan karya – karya Paul Rand, lahir dengan sederhana, apa yang membuat orang melihatnya istimewa, itu karena perusahaan itu sendiri yang membuatnya istimewa, bukan siapa desainer-nya.

Bureau Borsche, studio desain grafis dari Jerman, terlihat dari balik layar, pengaruhnya di peran fashion.

bildschirmfoto-2017-06-21-um-12.18.10
Slam Jam, Corporate design by Bureau Borsche

Beberapa perbandingan yang ingin aku ungkap, design identity berharap kelihatan jelek, namun fashion mengungkap ini bernilai tinggi.

Kepribadian Bureau Borsche, jika sebuah nama dengan sejarah dan authentik tinggi, walaupun itu sengaja diciptakan, tidak mencerminkan masa depan, menyimpang, beda dari sebuah permintaan, nama itu akan selalu bagus di sebagian tampak orang. Nama tersebut harus menempuh kegagalan.

Inspirasi yang bisa diambil

Bureau Borsche tampak memperhatikan sebuah budaya klasik, sayang emosi pekerjaan desain mereka memperlihatkan kemewahan, integritas kuat dan terasa komunikasi erat antara perusahaan dengan desainer.

Apa seni dari mengembangkan Fashion dan Streetwear desain identitas?

Berbagai proyeknya bersama NIKE, SLAM JAM butik budaya skateboard dari Italy, GIVENCHY Paris.

Apakah Typeface memang menunjukkan subjek mewakilkan seluruh isi korporate itu sendiri, dalam satu bundle, dalam satu imej. Bertanya seperti itu, berasal dari hasil kerja Bureau Borsche yang tidak mewakilkan elemen lain baginya. Cukup Typeface sederhana, karena kekuatan desainnya hanya berasal dari nilai perusahaan itu sendiri.

Desain identity hanya mencoba mewakilkan kekuatan tersebut, dua kali bekerja dengan Balenciaga, dua kali juga Bureau Borsche mengubah logonya. Perbandingan nya ternyata, logo pertama seperti sedang menunjukkan ‘popularitas’ dan logo terbarunya menunjukkan Balenciaga ingin ‘tidak nyaman’ lagi demi kreativitasnya.

Google mengembangkan AMP untuk outlet Email, Kesempatan Seperti Apa Antara Google dan Penggunanya?

GmailAMP-Pinterest-Blog-01 (1).gif
Pinterest in Gmail AMP – G Suite Developers

Acclerated Mobile Pages, salah satu proyek masa depan untuk mobile web dari Google telah membawa keberhasilannya saat ini, ketika Facebook meninggalkannya dalam istilah mereka ‘Instant News’. Google justru membawa dampak positif, termasuk memanfaatkan ruang iklan untuk para publisher.

Dengan kesempatan ini, Google mencoba membangun hal tersebut di media email. Email adalah komunikasi yang masih dianggap prioritas oleh pengguna-nya, ber-suasana negoisasi dan permintaan khusus. Kenyamanan bisnis, formalitas dan komitmen. Namun, email itu sendiri memiliki keterbatasan untuk konten berinteraksi dengan penggunanya, kaku.

Email tidak berhak untuk mati, kalau Google mengambil alih

Hal kecil seperti ini, termasuk pengembangan web, perlu diencer lagi idenya. Mengingat bisnis sekarang selalu mengisyaratkan media email sebagai platform untuk tujuan loyalitas, termasuk marketing dan istilahnya.

Sayangnya perusahaan Google yang menyadari ini, sudah terlalu hebat untuk mendapatkan itu semua, mungkin orang sana bisa meremehkan atau tidak melihat potensinya. Hal bagusnya, jika Google peduli dengan konten email, berarti email adalah suatu efektif.

Terbuka selain Gmail, layanan servies email lainnya juga bisa menggunakan fitur AMP ini, para pengembang dibuka kesempatan untuk mencari tahu apa potensinya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.