Apa Design Identity Termasuk Investasi?, Pelajari dari SM ENTERTAINMENT

Firma butuh kredibiltas, perusahaan butuh pelampiasan dari penjualan mereka, dari dampak yang telah dibuat. Perusahaan ingin masyarakat membicarakannya, melihat sebuah ‘gambar’, gambar yang dikenang, gambar yang bisa mencerminkan kesuksesan.

Inilah pelampiasannya, sebuah emosi akan melahirkan cerita, di situ memicu diskusi, Design identity awal mula rasa penasaran.

Design identity akan terasa berdampak jika masyarakat juga merasakannya.

Kenapa perusahaan perlu peduli dengan desain brand korporasi mereka?,

self-evolving-symbol-smtown
SM Entertainment New Visual Identity – Content Form Context

 

symbol-extending-rule-smtown
SM Entertainment New Visual Identity – Content Form Context

Kasus di sini adalah perusahaan hiburan ternama dari Korea sejak 1995, sudah mencapai pasar Asia. Perusahaan ini memimpin bursa saham K-Pop, SM Entertainment. Memegang Super Junior, Girls’ Generation, juga tanggung jawab Red Velvet, EXO, kabar terkini NCT Dream.

Kenapa ini harus diperbaharui?, Dulu pandangan visual SM Entertainment hanya sebatas font standar Helvetica Neue, dan kuas pink membentuk tulisan SM, berarti benar, mereka tidak akan dapat cerminan ‘sukses’ dengan logo tanpa prinsip tersebut.

Cara SM Entertainment Berkomitmen?, Studio desain branding Korea Selatan ContentFormContext, menggali prinsip tujuan SM Entertainment, komitmen tersebut menjelaskan bahwa perusahaan besar terus menjadi perhatian publik. Solusinya atau zona nyamannya berada di Design Identity.

smtown-inside-design
SM Entertainment New Visual Identity – Content Form Context

Inspirasi yang bisa ku ambil, ContentFormContext bermain garis antara huruf ‘S’ dan ‘M’ hampir bersenggolan, Simbol itu merasa menjalar dari setiap kemungkinan, juga masih kelihatan identik dengan kata Sun ‘SM’.

Jelas ini investasi jangka panjang, cara tim desainer ini membuat panduan proses tersebut akan merebut waktu banyak. Kamu bisa lihat dari halaman Behance-nya, kesan pertama mengambil dari suasana keramaian konser, membentuk jaringan dan di-aplikasikan ke Artificial Intelligence integrasi Cloud. Garis – garis jaringan tersebut, asal bebas namun bersatu.

Empat warna utama bersatu, ‘SM Pink’ dan ‘SM White’ menggambarkan modern,  ‘SM Blue’ menggambarkan inovasi, ‘SM Gray’ menggambarkan natural.

Kesimpulan, perspektif antara desainer dan pelaku bisnis sangat berbeda, dua beda pintu ini bisa ditemukan untuk satu tujuan, memperlihatkan ke publik, mereka punya perbedaan, kualitas, dan bukan jalan biasa untuk orang lain.

Leave a Reply