Search and Hit Enter

Bahan Hotel Tiket API Membangun Bisnis Travel Online

Karena tingginya industri bisnis ini, kolumn pendek ini jadi kelihatan mahal, aku sengaja mulai menulis panduan ini, karena bisnis ini sedang di cari orang, namun sumber daya khawatir takut mulai dari mana atau tidak tahu bagaimana cara memulainya.

Aku berbeda dengan layanan Travel yang memberikan paket langsung seperti website atau lainnya yang katanya tanpa tahap – tahap apapun. Karena kebetulan aku juga seorang kontraktor, hasil merintisku memperhatikan kondisi lebih kurang untuk platform-mu nanti.

Tulisan ini masuk kategori terbaru KICIKKU, Suite, jurnal membangun bisnis desain dan juga digital, entah itu Startups, Desain Firma atau Agensi. Langganan KICIKKU Memberships sekarang untuk mencari tahu cerita industri ini selanjutnya. Karena ini petualangan pertama, ku berikan gratis.

Bahan pertama membangun bisnis online travel adalah bahan sumber data juga siapa yang menangani sistem bookingnya. Rekomendasiku:

Tiket.com

Travel Agen ini pemimpin pasarnya dan juga punya asosiasi untuk pengusaha tertarik membangun platform ini, API ini akan menjadi bahanku tutorial selanjutnya. Mungkin cerita suksesnya, bisa kamu dengar dari aplikasi Indonesia Flight, di mobile ataupun web.

Kunjungi saja referensi docs.tiket.com, pengembang langsung bisa coba – coba API-nya, bahkan punya dua pilihan, JSON dan XML. Ini rekomendasi aku untuk mengambil langsung bahan dari lokal.

Buka API Referensinya: docs.tiket.com, status API hanya uji coba, ikuti kelengkapan dokumennya sebelum mendapatkan status komersial.

Registrasi dan Administrasi afiliasinya: tiket.com/affiliate

Usahakan jangan kontak email untuk menanyakan masalah, langsung hubungi call center mereka, email tidak dibalas.

Tiket.com punya dua tipe payment, salah satunya Deposit, kelemahannya kamu harus mengatur Sistem Payment sendiri, beda dengan Regular sudah tersedia.

Cara kamu dapat keuntungan, untuk penerbangan Rp 10.000 / Kursi dan keuntungan Hotel berdasarkan persentase jumlah transaksi hotel, semakin banyak, persentase semakin tinggi.


TravelPort

Kalau tiket.com seperti mengambil ikan dari distributor untuk di jual lagi, TravelPort lebih komitmen lagi, kamu harus punya kapal sendiri mengambil ikan sendiri dan juga ingin menjualnya lagi, ke konsumen atau anak korporasi lagi. TravelPort, perusahaan Amerika yang sudah lama sukses menjual supply data agensi travel untuk seluruh dunia.

Aku tidak akan merekomendasi TravelPort bagi yang punya modal setengah – tengah. Dari Indonesia, kontraktornya bisa kamu hubungi untuk mendapat akses datanya atau dibuatkan oleh mereka, dengan syarat tertentu, Galileo Indonesia. Saya tidak menguasai bagaimana cara mengambil keuntungannya, kisah suksesnya Dwidaya Tour menggunakan TravelPort.

Kekurangan TravelPort, konten persediaan Hotelnya masih sedikit, lebihnya kamu punya layanan memilih kursi untuk penerbangan Internasional dan sistem Booking canggih.

TravelPort Universal API


SkyScanner

Salah satu sistem terkenal pencari informasi harga travel, membanding – bandingkan, SkyScanner juga menyediakan afiliasi bisnis, karena ini basis internasional, kamu harus mengajukan proposal dulu sebagai Direct Partner, tidak ada biaya sebelum Platform kamu sudah ada Trafik pengunjung.

Mengajukan proporsal partner, menurutku kemungkinan besar ditolak, cari tahu bagaimana kamu komitmen untuk mendapatkan akses mentah SkyScanner, karena SkyScanner memperhatikan otoritas wilayah kamu dan pasar di mana kamu berada.

SkyScanner Affiliates Travel API


Expedia

Expedia juga sama, kamu akan konsultasi dulu sama orang – orang ini, dengan paket harga berbeda, Expedia hampir sama besarnya dengan TravelPort, bedanya ketersediaan mereka hanya berlaku hotel.

Expedia punya segala macam solusi Affiliasi, kalau kamu pergi ke luar negeri pesan hotel tiket.com, sebenarnya data hotel luar negeri tiket.com itu berasal dari API Expedia.com. Setelah ku lihat sumber data Check-In referensi hotel.

Rekomendasi produknya RESTful API EAN Rapid, sebelumnya kamu harus mengajukan proposal Partner dulu, kemungkinan akan ditolak atau menunggu selama 4 minggu, kabar baiknya, kamu bisa langsung baca – baca dokumen referensi API-nya.

Catatan: Untuk mengajukan partner, jangan meminta API Expedia sebagai ‘Supplier’, termasuk menyalahi aturan kebijakan mereka, kondisi kamu sebagai Partner Expedia, berarti ikut serta mempromosikan Booking Expedia.


Sumber ini aset mahal, kalau kamu bisa menguasai salah satunya dan merealisasikan menjadi platform mu sendiri, terima kasih sebagai dampak operasional bisnis anda. Tulisan selanjutnya ‘Suite’ akan ku peranakkan  menjadi mobile app iOS. Karena itu, langganan KICIKKU Memberships untuk cari tahu industri desain commerce digital juga panduan membangun platform ini.

%d blogger menyukai ini: